Logo Network
Network

Keren! China Perkenalkan Kapal Canggih Ketiga Bernama Fujian

Early Meidiasa Prameswari
.
Sabtu, 18 Juni 2022 | 10:00 WIB
Keren! China Perkenalkan Kapal Canggih Ketiga Bernama Fujian
China kenalkan kapal canggih bernama Fujian // Sumber Foto: AP

PEMALANG, iNews.id - China pada (17/06/2022) meluncurkan kapal induk ketiga dan tercanggihnya dari Galangan Kapal Jiangnan Shanghai, dengan sistem peluncuran baru yang menurut para ahli cepat menyusul Amerika Serikat.

Dinamakan "Fujian," kapal itu adalah kapal induk ketapel pertama yang dirancang dan dibangun di dalam negeri China, kantor berita pemerintah Xinhua melaporkan.

China menamai kapal induknya setelah provinsi pesisirnya, dengan Liaoning di timur laut dan Shandong di timur.  

Fujian, di tenggara, adalah provinsi terdekat dengan Taiwan, dipisahkan oleh selat yang lebarnya kurang dari 80 mil (128 kilometer) di titik tersempitnya.

Partai Komunis China yang berkuasa mengklaim kedaulatan atas demokrasi yang memerintah sendiri di Taiwan, meskipun tidak pernah mengaturnya.  

Pemimpin China Xi Jinping telah berulang kali mengatakan bahwa "penyatuan kembali" antara China dan Taiwan tidak dapat dihindari dan menolak untuk mengesampingkan penggunaan kekuatan.

China sekarang memiliki kekuatan angkatan laut terbesar di dunia, dan kapal induk adalah kapal inti dari armada kekuatan besar mana pun.  

Kapal-kapal besar pada dasarnya adalah pangkalan udara bergerak, yang memungkinkan penyebaran pesawat dan persenjataan jangka panjang yang cepat ke teater tempur.

Peningkatan angkatan laut China terjadi di tengah meningkatnya ketegangan geopolitik dengan AS, yang di bawah Presiden Joe Biden berusaha untuk memperkuat hubungan dengan sekutu dan mitra di kawasan Asia-Pasifik untuk melawan pengaruh ekonomi dan kekuatan militer Beijing yang berkembang.

Tahun lalu, Beijing marah pada pakta keamanan antara AS, Inggris dan Australia bernama AUKUS, sebuah perjanjian di mana ketiga negara akan bertukar informasi dan teknologi militer untuk membentuk kemitraan pertahanan yang lebih erat di Asia.  

Latihan angkatan laut yang dihadiri oleh anggota dialog informal yang dihidupkan kembali antara AS, Jepang, Australia dan India, yang dikenal sebagai Quad, semakin meresahkan Beijing.

Editor : Anila Dwi

Follow Berita iNews Pemalang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.