get app
inews
Aa Read Next : 10 Link Twibbon Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94, Mudah Untuk Diaplikasikan !

Wow! Google Beli Wikimedia Foundation untuk Memberikan Informasi yang Lebih Baik

Jum'at, 24 Juni 2022 | 12:30 WIB
header img
Google beli Wikimedia tujuannya untuk perkembangan informasi lebih baik // Sumber Foto: Shuttertock

PEMALANG, iNews.id - Google membeli Wikimedia Foundation untuk membantu menyajikan informasi paling akurat dan terkini di mesin pencarinya.  

Wikimedia Foundation, kelompok nirlaba di belakang Wikipedia, mengatakan Google adalah salah satu perusahaan pertama yang membeli layanan Enterprise komersialnya.

Diluncurkan tahun lalu, Wikimedia Enterprise memungkinkan pelanggan (seperti Google) yang menggunakan kembali sebagian besar informasi dari layanan Wikimedia untuk mengakses kontennya secara lebih efisien.  

Alih-alih mengandalkan pembuangan data gratis dan API yang tersedia untuk umum (antarmuka pemrograman aplikasi) untuk mengikis informasi dari halaman web Wikipedia, Wikimedia Enterprise memungkinkan pelanggan menggunakan API yang lebih cocok untuk mendaur ulang dan mengeluarkan informasi dalam skala yang jauh lebih besar.  

Layanan ini juga memungkinkan pelanggan untuk mengambil pembaruan untuk konten yang digunakannya, membantu mencegah informasi usang atau tidak akurat muncul di web di luar Wikipedia.

Google menggunakan layanan Wikimedia dalam beberapa cara.  

Yang paling jelas ada di dalam “panel pengetahuannya”, yang muncul di sisi halaman hasil pencarian saat Anda mencari orang, tempat, atau hal-hal di dalam basis data besar Google.  

Wikipedia adalah salah satu sumber yang sering digunakan Google untuk mengisi informasi di dalam panel ini.  

Google juga mengutip Wikipedia di panel informasi yang ditambahkannya ke beberapa video YouTube untuk melawan misinformasi dan teori konspirasi (walaupun tidak benar-benar memberi tahu Wikimedia tentang rencananya untuk melakukannya sebelumnya).

Tidak jelas bagaimana kemitraan baru Google akan mengubah sisi pengguna akhir.  

Tim Palmer, direktur pelaksana kemitraan pencarian Google, dengan samar berkomentar bahwa Google berharap untuk "memperdalam" kemitraannya dengan Wikimedia Foundation melalui layanan Perusahaannya.  

Lane Becker, direktur senior pendapatan yang diperoleh Wikimedia Enterprise mengatakan kepada The Verge bahwa layanan ini masih dalam "hari-hari awal" dan menolak berkomentar tentang cara-cara spesifik yang mungkin digunakan Google.

Saya membayangkan bahwa pengguna Google mungkin tidak akan melihat perubahan sama sekali mungkin kita akan melihat Wikipedia lebih sering dikutip di panel pengetahuan atau mungkin Google akan menemukan cara baru untuk mengintegrasikan informasi Wikipedia ke dalam layanannya.  

Google telah memberikan donasi ke Wikimedia Foundation di masa lalu, tetapi ini menandai pertama kalinya ia masuk sebagai pelanggan sebenarnya.

Selain Google, Wikimedia Foundation mengumumkan bahwa Internet Archive juga telah menjadi pelanggan Perusahaan (meskipun tidak membayar untuk layanan tersebut).  

Itu adalah lembaga nonprofit yang sama yang menjalankan Wayback Machine, database yang menyimpan snapshot dari situs web sepanjang waktu, memungkinkan Anda melihat sekilas informasi yang dihapus atau diubah dan menjelajahi tata letak web jadul.

Editor : Anila Dwi

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut