get app
inews
Aa Read Next : Sejarah Tugu Leitje, Situs Makam Belanda di Pemalang yang Kini Jadi Cagar Budaya

Tanggal 30 Juni 2022 Adalah Hari Asteroid Internasional, Inilah Sejarah Lahirnya

Rabu, 29 Juni 2022 | 20:00 WIB
header img
Tanggal 30 Juni 2022 adalah Hari Asteroid Internasional, ini sejarah lahirnya. Foto: oif.umsu.ac.id

PEMALANG, iNews.idTanggal 30 Juni pada kancah internasional diperingati sebagai Hari Asteroid Internasional atau Asteroid Day. Pada tahun 2022 ini, hari itu bertepatan di hari Kamis (30/6/2022). Peringatan Hari Asteroid Internasional bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik tentang bahaya dari dampak asteroid.

Dilansir dari oif.umsu.ac.id, Hari Asteroid Internasional secara resmi ditetapkan oleh PBB pada tanggal 6 Desember 2016. Namum sebelum diakui, Hari Asteroid diketahui sudah ada sejak tahun 2014. Berikut adalah sejarah singkat lahirnya Hari Asteroid Internasional

Penetapan tanggal 30 Juni sebagai Hari Asteroid Internasional adalah berdasarkan sebuah peristiwa ledakan di Siberia pada 30 Juni 1908. Ledakan tersebut disebabkan oleh ledakan sebuah asteroid.

Ledakan yang terjadi di dekat sungai Podkamennaya Tunguska, Siberia itu telah merusak 2000 km persegi lahan hutan dan setidaknya telah menumbangkan 80 juta pohon.

Pada peristiwa itu, terjadi getaran hebat yang menyebabkan kaca bangungan di wilayah kota terdekat sejauh 60 km pecah. Namun, tidak ada laporan terkait korban jiwa dalam peristiwa ledakan itu sebab pada lokasi peristiwa tidak banyak dihuni manusia.

Itulah sejarah singkat adanya Hari Asteroid Internasional. Peringatan ini sangat penting  sebab memiliki tujuan yang besar, yaitu menyadarkan masyarakat akan bahaya dari asteroid.

Editor : Abdul Kadir

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut