Sejarah Tugu Leitje, Situs Makam Belanda di Pemalang yang Kini Jadi Cagar Budaya

Aryanto
.
Minggu, 08 Januari 2023 | 15:20 WIB
Tugu Leitje, cagar budaya situs makam Belanda di Kelurahan Widuri, Kabupaten Pemalang. Foto: Istimewa

PEMALANG, iNews.id - Kabupaten Pemalang memiliki banyak sejarah yang meninggalkan bermacam warisan masa silam, salah satunya situs makam Belanda yang kini menjadi lokasi cagar budaya di Kabupaten Pemalang. 

Situs makam belanda, lokasinya berada di dekat obyek wisata pantai Widuri, masuk wilayah Kelurahan Widuri, Kecamatan Pemalang.

Di lokasi makam tersebut berdiri sebuah tugu yang bernama Tugu Leitje, yang disekitarnya terdapat makam keluarga Belanda yang terukir tulisan tahun 1883, dengan alamat Desa Banjardawa, Kecamatan Taman, Pemalang.

Leitje sendiri memiliki arti batu tulis, dan oleh Pemerintah Kabupaten Pemalang dinyatakan sebagai situs makam Belanda, dan ditetapkan menjadi cagar budaya, sesuai UU nomor 1 tahun 2010, tentang cagar budaya.

Tugu Leitje, situs makam belanda ini tepatnya berada di jalan Yos Sudarso, Kelurahan Widuri, Kecamatan/ Kabupaten Pemalang.

Terletak di area yang sangat strategis mudah di jangkau, bahkan dengan gamblang terlihat saat melintas menuju obyek wisata pantai Widuri.

Menurut sejarah, saat Jawa jatuh ke tangan VOC pada tahun 1680, saat pemerintahan Amangkurat Agung Mataram Pleret, daerah pesisir utara Jawa digadaikan ke VOC.

Follow Berita iNews Pemalang di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini