get app
inews
Aa Read Next : Resep Ayam Goreng Krispi Hasil Kreasi Chef Rudy Choirudin, Keriting dan Crunchy!!

3 Resep Camilan Anti Gagal, Enak, Mudah dan Praktis

Jum'at, 15 Juli 2022 | 00:07 WIB
header img
Lima bumbu dapur dipercaya memiliki khasiat untuk menurunkan berat badan. (Doto: Dok iNews.id)

PEMALANG, iNews.id - Menikmati libur di rumah jangan digunakan untuk sekadar rebahan dan bermalas-malasan. Gunakan juga untuk menambah kemampuan, salah satunya kemampuan memasak.

 Cek beragam resep camilan yang simpel, mudah dipraktikkan, dan cocok buat teman nonton film kesayangan berikut ini.

1. Bola ubi kopong

Bola ubi adalah camilan yang sempat jadi tren beberapa tahun lalu. Anda bisa menemukannya di setiap sudut jalan di Jakarta. Renyah di luar, lembut di dalam. Kira-kira begitulah gambaran tekstur camilan ini. Rasanya? Manis gurih khas ubi. 

Cara membuatnya mudah. Sediakan 500 gram ubi merah, 50 gram tepung sagu, 50 gram gula, 50 mililiter air hangat, dan minyak untuk menggoreng. 

Kukus ubi sampai lembut dan hancurkan. Kemudian aduk bersama gula dan sagu menggunakan tangan hingga kalis. Bentuk jadi bola-bola. Panaskan minyak, kemudian goreng hingga kecoklatan. 

2. Cimol isi bakso

Masih yang bentuknya bulat-bulat. Mari membuat cimol isi bakso. Cimol juga merupakan camilan yang populer. Asalnya dari Bandung, tetapi kini bisa ditemukan di seluruh area Jakarta. 

Sediakan 450 gram sagu, 5 sendok makan tepung serba guna, daun bawang iris, 1/4 sendok teh garam, 3 siung bawang putih, 225 mililiter air, 1/4 sendok teh lada, dan 1/2 bungkus bubuk kaldu, dan minyak untuk menggoreng. Sementara bahan untuk isinya, bakso yang sudah diiris kecil-kecil, saus tomat, saus sambal, dan daun bawang iris. 

Campur semua bahan isian hingga rata, kemudian simpan. Buat adonan cimol, rebus air dengan panas api medium selama 4-5 menit, kemudian masukkan bahan-bahan yang sudah disediakan, aduk sampai kental. Matikan kompor dan angkat. 

Jika sudah dingin mulai bentuk adonan jadi bulat-bulat dan isi dengan bakso cincang yang sudah dibumbui. Goreng di suhu medium hingga kekuningan. 

3. Tahu gejrot

Tahu gejrot adalah makanan khas Cirebon yang asyik juga jika disantap sambil santai-santai menonton film di rumah. Cara membuatnya juga sederhana. Sediakan saja tahu pong (tahu kosong) yang sudah digoreng. Kemudian buat kuah manisnya menggunakan 50 mililiter kecap manism 200 mililiter air, 1/4 sendok teh garam, dan 25 gram gula palem. Aduk di atas kompor dengan api sedang.

Jika saus sudah diaduk rata, dinginkan sejenak. Buat sambalnya. Ulek satu siung bawang merah, 1/2 siung bawang putih, 2 buah cabai rawit hijau, dan 1/8 sendok teh garam. Jika sudah mau disantap, iris-iris tahu dan siram dengan kuah manis. Tambahkan sambal sesuai selera. 

Usai mencoba resep-resep ini, Anda bisa mengutip ucapan ikonik dari legenda masak-memasak Sisca Soewitomo, "bagaimana, mudah bukan membuatnya?". 

Editor : Anila Dwi

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut