Secercah Harapan Pengrajin Ukiran Kayu di Pemalang yang Masih Eksis hingga Kini

Santiaji Pangestu
.
Senin, 05 Desember 2022 | 20:56 WIB
Beberapa pengrajin ukiran kayu di Pemalang yang hingga kini masih eksis. Foto: iNews ID/ Santiaji Pangestu

PEMALANG, iNewsPemalang.id - Tidak banyak yang tahu jika di Kabupaten Pemalang ada kerajinan ukiran kayu (pengukir kayu) seperti di Jepara, yang salah satunya ditekuni oleh warga RT 042 RW 09 Desa Asemdoyong, Kecamatan Taman.

Haryono (49) salah satu pengrajin ukiran kayu mengatakan, bahwa dirinya menggeluti bidang seni ukir kayu sejak tahun 2010 an. Ia mengatakan, dulunya hasil karya seni ukir dari pengrajin di Desa Asemdoyong mampu menembus pasaran sampai luar daerah Pemalang seperti Pekalongan, Tegal dan Purwodadi. 

Haryono berkeinginan untuk tetap mempertahankan eksistensi di bidang ukir kayu, dengan harapan ada dukungan dari Pemkab Pemalang untuk memfasilitasi dan memberikan wadah bagi para pengrajin pengukir kayu yang ada di Kabupaten Pemalang. 

"Saya ingin ke depan warga Desa Asemdoyong tetap eksis di bidang seni ukir dan dapat menularkan kreativitas ini kepada anak-anak muda. Saya ingin membuat sebuah pameran yang dihasilkan dari karya kerajinan sendiri," kata Haryono, Senin 5/12/2022.

"Diharapkan Pemerintah Kabupaten Pemalang juga ikut mendukung dengan memberikan fasilitas kepada para pengrajin ukiran di Kabupaten Pemalang khususnya di Kecamatan Taman," imbuhnya.

Follow Berita iNews Pemalang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini