Logo Network
Network

Bukan Hanya Pemalang, 3 Daerah Ini Juga Penghasil Buah Nanas Terbesar di Indonesia!

Nungki Anastasia Putri
.
Kamis, 08 Desember 2022 | 06:00 WIB
Bukan Hanya Pemalang, 3 Daerah Ini Juga Penghasil Buah Nanas Terbesar di Indonesia!
Wilayah penghasil Nanas terbesar di Indonesia / Foto : Instagram

Pemalang, iNewsPemalang.id - Buah Nanas merupakan salah satu buah yang tumbuh di daerah beriklim tropis. Buah tersebut memiliki nama latin Ananas comosus L. Diperkirakan, buah ini merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Selatan, tepatnya di Pulau Caribean.

Namun bukan hanya tumbuh di Amerika, buah ini justru menjadi komoditas ekspor terbesar di Indonesia. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) di tahun 2021, produksi Nanas di Indonesia bahkan mencapai 2,89 juta ton.

Angka tersebut terbilang lebih banyak dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 2,45 juta ton. Artinya, produksi Nanas di Indonesia naik hingga mencapai 17,95% dan memegang predikat sebagai negara pengekspor Nanas terbesar di dunia.

Adapun sejumlah wilayah yang tersebar di Indonesia sebagai pusat produksi Buah Nanas terbagi menjadi beberapa daerah. Diantaranya :

1. Lampung

Lampung merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang paling banyak memproduksi Buah Nanas. Beberapa wilayah pusat produksinya pun terbagi ke sejumlah wilayah, diantaranya Lampung Tengah, Lampung Timur, dan Lampung Selatan.

Follow Berita iNews Pemalang di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini