get app
inews
Aa Read Next : Totalitas! Personel Polres Tegal Urai Kemacetan hingga Siaga Dorong Kendaraan Tak Kuat Nanjak

Dijamin Betah! Ini Dia Deretan Desa Terindah di Indonesia, Gak Kalah Cantik Dengan Luar Negeri

Senin, 19 Desember 2022 | 09:52 WIB
header img
Deretan desa cantik nan indah di Indonesia / Foto : Pinterest

PEMALANG, iNewsPemalang.id  - Hiruk pikuk kota memang sangat melelahkan. Kualitas udara yang buruk, kemacetan, dan kepadatan penduduk menjadi salah satu penyebab kepenatan.

Karena itulah, masyarakat kerap membutuhkan nuansa menyegarkan ala pedesaan.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak tempat pariwisata yang menyuguhkan suasana alam pedesaan dengan nuansa indah nan asri.

Tak perlu harus ke luar negeri, beberapa wilayah di Indonesia yang tak kalah cantik oun bisa kamu kunjungi dengan leluasa, diantaranya :

1. Desa Argosari, Kabupaten Lumajang

Desa Argosari merupakan pintu masuk sebelum mendaki ke puncak B29 dan B30. Tempat ini merupakan wisata terbaik untuk melihat keindahan Gunung Bromo.

Dikenal sebagai Desa Atas Awan, perkampungan ini berada di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Desa ini juga dikenal sebagai Negeri di Atas Awan.

2. Desa Sade, Lombok

Desa Sade merupakan salah satu desa tradisional suku Sasak di kabupaten Lombok Tengah. Desa seluas 5,5 hektare ini memiliki konstruksi bangunan yang sangat sederhana.

Lantainya terbuat dari tanah liat, dindingnya menggunakan pagar anyaman dari bambu, serta atap yang terbuat dari alang-alang kering. Bangunan tersebut ditopang kayu yang lumayan kuat.

3. Desa Wae Rebo, Flores

Wae Rebo merupakan desa tradisional di Flores yang terletak pada 1.200 meter di atas permukaan laut. Disini, hanya terdapat tujuh rumah utama atau yang disebut sebagai Mbaru Niang.

Wae Rebo sukses menerima penghargaan dari UNESCO sebagai Top Award of Excellence pada 2012. Sejauh mata memandang, kamu akan menikmati hamparan pemandangan hijau yang memesona.

4. Desa Sumber Brantas, Batu

Kota Wisata Batu, Jawa Timur, memang terkenal akan suasananya yang sejuk dengan beragam objek pariwisata. Kamu yang sering liburan ke Batu pasti familiar dengan Selecta, Cangar, Coban Talun, dan sebagainya. 

Di sekitar objek wisata tersebut terdapat sebuah desa yang begitu indah nan asri yakni Desa Sumber Brantas dengan panorama perkebunan yang cantik. Selain itu, disini juga terdapat lokasi sumber Sungai Berantas yang dihiasi oleh berbagai macam jenis bunga.

5. Desa Penglipuran, Bali

Bali tak hanya menyajikan beragam keindahan pantai yang memesona. Disini, kamu juga bisa belajar adat dan budaya khas, seperti di Desa Penglipuran. Desa tersebut merupakan salah satu perkampungan yang sangat kental dengan kerukunan serta kebersamaannya.

Berada di Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli, desa ini telah dianugerahi penghargaan kalpataru. Secara keseluruhan, desain arsitektur bangunan di desa ini sama persis, dengan adanya pintu gerbang khas Bali (angkul-angkul). 

Demikian sejumlah desa yang bisa kamu kunjungi untuk melepas riuhnya perkotaan. Semoga bermanfaat.

Editor : Sandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut