get app
inews
Aa
Read Next : Potret Ojek Perahu di Kali Elon Pemalang

Simak 5 Nama Kampung Unik di Jawa Tengah, Ada Semut, Cawet, Hingga Setan!

Selasa, 06 Desember 2022 | 22:05 WIB
header img
Nama desa unik di Jawa Tengah

Pemalang, iNews.id - Setiap wilayah di Indonesia memiliki keunikannya masing - masing, mulai dari sejarah, filosofi, maupun kondisi daerah tersebut. Bahkan, beberapa wilayah pun memiliki sebutan unik yang membuat masyarakat penasaran.

Misalnya di Jawa Tengah. Provinsi ini terketak di antara 5°40' -8°30' Lintang Selatan dan 108°30'- 111°30' Bujur Timur. Selain itu, Jawa Tengah juga terbagi menjadi 35 wilayah administratif, yang terdiri dari 29 kabupaten dan 6 kota.

Dari masing - masing wilayah administratif tersebut, Jawa Tengah menyimpan beberapa desa bernama unik dengan legenda yang kental di dalamnya.

Berikut 5 desa atau dusun dengan nama unik yang harus kamu tahu, diantaranya :

1. Desa Kebocoran

Desa Kebocoran merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Asal usul sebutan 'Kebocoran' bukan berarti menggambarkan kondisi rumah warganya yang seringkali mengalami kebocoran. Melainkan diambil dari peristiwa sejarah yang melatar belakangi terbentuknya desa tersebut.

Penamaan ini tak lepas dari kisah Babat Kamandaka yang melakukan perjalanan guna mencari seorang istri. Singkat cerita, dirinya berpura - pura menjadi rakyat biasa dan terlibat perkelahian dengan seorang pria yang tak lain adalah adik kandungnya sendiri.

Editor : Sandi

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut