get app
inews
Aa Read Next : Potret Ojek Perahu di Kali Elon Pemalang

Simak 5 Nama Kampung Unik di Jawa Tengah, Ada Semut, Cawet, Hingga Setan!

Selasa, 06 Desember 2022 | 22:05 WIB
header img
Nama desa unik di Jawa Tengah

4. Desa Tutup

Desa Tutup terletak di Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Nama desa ini bukan semata - mata diambil dari kondisi desanya yang telah tutup, melainkan dari nama sebuah tanaman yaitu Pohon Tutup / Trutup.

Selain itu, desa ini juga merupakan salah satu desa yang tertutup karena berada di daerah hutan. Karena itulah, desa ini kemudian dinamakan Desa Tutup.

5. Desa Semut

Desa berikutnya yaitu Desa Semut yang berada di kecamatan di Wonokerto, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Desa ini dihuni oleh 2291 jiwa penduduk pada tahun 2010.

Desa ini memiliki sebuah keunikan dari namanya, dimana merujuk pada salah satu binatang yang terkenal dengan gotong royongnya, yaitu semut. Asal usul penamaannya sendiri tak diketahui secara pasti. Namun, kata 'Semut' diharapkan menjadi gambaran untuk para penduduknya yang mengedepankan sikap saling bahu membahu antar warga desa tersebut.

Nah itu dia 5 kampung di Jawa Tengah  yang mempunyai sebutan cukup unik. Nama - nama tersebut tentu saja tak lepas dari nilai sejarah maupun nilai politik yang ditinggalkan oleh para nenek moyang.

Editor : Sandi

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut