get app
inews
Aa Read Next : Komplotan Pencuri Spesialis Minimarket di Pemalang Dibekuk Polisi, Ternyata Ini Barang yang Dicuri

Cek Lokasinya! Ternyata Disini Nasi Grombyang Khas Pemalang yang Terkenal Enak

Kamis, 22 Desember 2022 | 15:17 WIB
header img
Lokasi Nasi Grombyang yang terkenal enak di Kabupaten Pemalang / Foto : Pinterest

PEMALANG, iNewsPemalang.id - Terkenal dengan Nasi Grombyangnya, para wisatawan pun kerap bingung saat memilih lokasi kuliner yang satu ini. Pasalnya, terdapat banyak sekali para penjual Nasi Grombyang di sepanjang jalan Kabupaten Pemalang.

Namun jangan khawatir, di sini ada salah satu kedai Nasi Grombyang yang sangat legendaris. Berdiri sejak tanggal 2 Februari 1978, Nasi Grombang H. Warso telah sukses menarik pelanggan dari berbagai daerah.

Gurihnya kuah panas dan aroma harum yang berasal dari kelapa sangrai, membuat Nasi Grombyang kerap disamakan dengan rawon.

Meskipun berbahan dasar kluwek, Nasi Grombyang ini ternyata memiliki kontensitas kuah yang lebih encer dan penggunaan rempah - rempah yang lebih beragam.

Sebutan Grombyang sendiri diambil dari cara penyajiannya yang unik, yakni dengan nasi yang sedikit dan kuah yang banyak sehingga akan nampak begoyang - goyang alias grombyang-grombyang.

Dalam semangkok Nasi Grombyang, kamu akan menemkan nasi, daging sapi/daging kerbau, dan daun bawang. Kamu juga bisa menambah lauk berupa sate - satean mulai dari sate kerbau, usus, tulang muda, jantung, daging dan babat.

Uniknya, penyajian sate ini tak seperti sate yang dibakar pada umumnya. Melainkan, bahan sate yang sudah disiapkan kemudian dilumuri bumbu lalu diungkep. Dan terakhir, ditusuki layaknya sate.

Dalam penyajiannya, sate - satean ini akan dibalut dengan bumbu kelapa sangrai parut yang pekat. Sehingga akan menghadirkan cita rasa sedikit manis dan lembut di lidah.

Namun bagi para penyuka pedas, kamu juga bisa menambahkan cabe rawit rebus untuk menambah tingkat kepedasan.

Dahulu, Nasi Grombyang H. Warso hanya di pasarkan keliling menggunakan grobak yang ditenteng di atas pundak. Grobak itu pun kemudian dipertahankan hingga kini dengan dipajang di depan warung sebagai dapur.

"Dulu sudah ada grombyang tapi keliling. Pakai kendi sudah keliling sebelum ada listrik," ungkap Herman selaku generasi kedua kedai Nasi Grombyang H. Warso.

Untuk menikmati kuliner legendaris khas Pemalang tersebut, kamu bisa mendatangi lokasi di Jl. R.E. Martadinata No.Kelurahan, Pelutan, Kec. Pemalang, Kabupaten Pemalang.

Harga Nasi Grombyangnya pun cukup terjangkau, untuk seporsi santapan ini kamu harus mengeluarkan  uang senilai Rp.17ribu saja. Selain itu, kedai Nasi Grombyang H. Warso sendiri buka setiap hari mulai pukul 09.00-23.00 WIB. Selamat mencoba.

Editor : Sandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut