get app
inews
Aa Read Next : Gunung Semeru Erupsi, Tinggi Letusan dari Atas Puncak Mencapai 700 Meter

Sempat Meletus Dahsyat di Tahun 1982, Ini Dia Sederet Misteri Gunung Galunggung

Sabtu, 24 Desember 2022 | 20:21 WIB
header img
Misteri Gunung Galunggung / Foto : Instagram

TASIKMALAYA, iNewsPemalang.id - Gunung Galunggung merupakan salah satu gunung berapi aktif yang terketak di Tasikmalaya, Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian 2.168 meter di atas permukaan laut (mdpl), dengan puncak tertingginya yakni puncak beuti canar yang memiliki ketinggian 2240 mdpl.

Seperti pada pegunungan pada umumnya, Gunung Galunggung juga memiliki sejumlah misteri yang hingga kini masih dipercaya masyarakat, khususnya para pendaki.

Tercatat, Gunung Galunggung telah empat kali meletus yakni di tahun 1882, 1899, 1918, dan 1982. Namun, letusan terakhir di tahun 1982 disebut sebagai letusan terdahsyat yang pernah terjadi.

Saat itu, hujan pasir berwarna merah yang sangat panas mengguyur wilayah terdampak. Bahkan, Gunung Galunggung juga mengeluarkan awan panas dan menyemburkan abu halus serta lahar yang mengalir di sepanjang sungai.

Peristiwa yang terjadi selama 9 bulan, tepatnya mulai tanggal 5 Mei 1982 hingga 8 Januari 1983 itu telah merenggut banyak korban jiwa. Diketahui, setidaknya ada 4.011 orang yang meninggal dan 114 desa yang luluh lantah.

Editor : Sandi

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut