get app
inews
Aa Read Next : Dampak Kemarau Debit Air Waduk Sedong Menyusut, Warga Manfaatkan untuk Berburu Ikan

Unik! Beri Makan di Waktu Santai, Ini Dia Sederet Peliharaan Jokowi di Istana Bogor

Rabu, 28 Desember 2022 | 08:54 WIB
header img
Deretan peliharaan Jokowi / Foto : Tangkapan Layar

Bogor, iNewsPemalang.id - Selain menjadi seorang presiden, Joko Widodo juga memiliki kebiasaan unik dengan memelihara berbagai macam jenis binatang di dalam Istana Bogor.

Ia sukses memelihara dan mengembangbiakkan binatang - binatang tersebut dengan penuh kasih sayang. Bahkan, terdapat beberapa binatang yang telah diberi nama oleh orang nomor satu di Indonesia itu.

Menurut salah satu petugas bernama Endang, aktivitas yang Joko Widodo tersebut merupakan salah satu bentuk hiburan yang dilakukannya setiap Sabtu dan Minggu.

“Itu salah satu hiburan bapak setiap hari Sabtu dan Minggu. Bapak memberi makan ikan, kodok, kambing, dan berinteaksi dengan peliharaannya di sana (Istana Bogor),” kata Endang dalam sebuah video yang diunggah di laman Facebook Jokowi.

Ini dia deretan peliharaan Presiden Jokowi di Istana Bogor, diantaranya :

1. Kuda

Diketahui, Jokowi memelihara dua ekor kuda yang diberi nama kuda Sandalwood dan kuda Radabolo. Lewat kanal youtube miliknya, ia nampak menaiki salah satu kuds tersebut dengan didampingi oleh penjaga kuda.

2. Rusa

Selain kuda, Jokowi juga nampak memelihara ratusan rusa di dalam istana. Ia mengatakan bahwa terdapat 409 yang dipeliharanya.

Sebelumnya, ia bahkan memelihara lebih dari 600 rusa. Namun, ia mengaku bahwa rusa - rua tersebut kerap dikirim ke beberapa daerah. Diketahui, setiap seminggu sekali selalu ada rusa yang melahirkan.

"Dulunya ada lebih dari 600 rusa, tapi banyak daerah yang meminta sehingga banyak kita kirim ke daerah daerah," ungkapnya.

3. Kambing

Lewat kanal youtubenya, Jokowi juga memperlihatkan 13 ekor kambing peliharaannya. Jumlah tersebut tentu naik drastis dari bulan Juni 2016 yang hanya memiliki 5 ekor kambing.

4. Angsa dan Entok

Jokowi menyebutkan bahwa ia pun memelihara dua jenis unggas berupa angsa dan entok. Diketahui, ada 17 angsa dan 18 entok yang dimilikinya.

5. Burung Murai Batu

Memiliki suara kicauan yang merdu, Burung Murai Batu peliharaan Jokowi bahkan sempat diikutsertakan dalam Fesival dan Pameran Burung Berkicau Piala Presiden Jokowi 2018 yang berlangsung di Kebun Raya Bogor.

6. Ikan

Memiliki sensasi menyejukkan seperti kicauan burung, Jokowi juga telah memelihara beragam jenis ikan dalam sebuah kolam khusus. Menurutnya, memberi makan ikan merupakan sebuah aktivitas yang sangat menyenangkan.

"Ini memberikan rasa yang segar, rasa yang santai, rileks kepada kita," tandas dia.

Jokowi mengungkapkan bahwa terdapat berbagai jenis ikan yang dipeliharanya, mulai dari lele, bawal, mas, koi, dan yang paling banyak yakni jenis ikan mujair.

7. Kecebong dan Kodok

Tak hanya ikan, salah satu binatang terunik yang dipelihara Jokowi yakni kecebong dan kodok. Hal ini diungkapkan langsung oleh Kaesang saat menghadiri acara Mata Najwa pada 2016 lalu.

“Satu kolam buat kecebong saja. Bapak (Jokowi) suka sekali kecebong,” kata Kaesang kepada Najwa Shihab.

Menurut Jokowi sendiri, memelihara kodok dapat memberikan kesegaran dalam otak dan juga rasa tenang.

“Kalau malam kan jadi ada suara kodok. Kwang-kwong, kwang-kwong, kwang-kwong. Apalagi setiap turun hujan. Kan enak, jadi fresh otaknya,” kata Jokowi.

8. Biawak

Salah satu binatang paling ektrim yang dipelihara Jokowi yakni seekor biawak. Hewan tersebut ia dapatkan ketika salah seorang petugas tengah membersihkan kolam yang berada di depan kompleks Istana Bogor.

Saat itu, biawak tersebut nampak terjebak di dalam sebuah kotak saringan air. Jokowi kemudian meminta petugas tersebut untuk melepaskan biawak ke dalam kolam.

Demikian sederet hewan peliharaan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor. Di tengah kesibukannya, ia selalu menyempatkan diri untuk memberi makan para peliharaannya.

Editor : Sandi

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut