get app
inews
Aa Read Next : Fakta Unik di Pemalang yang Jarang Orang Tahu, Ada Ojek Perahu Penyeberangan di Kali Elon

Ini Dia! Deretan Kampung Unik yang Masih Menjaga Tradisi, Nomor 3 Paling Ditakuti di Dunia

Jum'at, 09 Desember 2022 | 07:39 WIB
header img
Deretan kampung unik yang masih menjaga tradisi / Foto : Wonderful Indonesia

PEMALANG, iNewsPemalang.id - Negara Indonesia terdiri atas banyak pulau yang membentang luas dari Sabang sampai Merauke. Meskipun di era modern, nampaknya masih terdapat sejumlah wilayah pedalaman yang mempertahankan tradisi nenek moyangnya. Hal tersebut tentu berdampak positif bagi bertahannya adat istiadat asli Nusantara.

1. Kampung Naga, Jawa Barat

Kampung Naga merupakan salah satu perkampungan adat yang terletak di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Sebutan Naga sendiri berasal dari Bahasa Sunda 'nagawir' yang artinya dikelilingi tebing atau jurang (gawir).

Masyarakat Kampung Naga sangat memperhatikan kemurnian alamnya, dengan melarang penggunaan kayu bakar yang diambil dari pohon. Sebagai gantinya, masyarakat dianjurkan untuk mengambil ranting - ranting pohon yang sudah jatuh.

Diketahui, bangunan rumah di Kampung Naga berbentuk layaknya rumah panggung dengan jumlah 112 unit. Dengan kuantitas yang cukup sedikit, tentu membuat kampung ini memiliki nuansa asri yang menyejukkan.

Kampung Naga sendiri memiliki sebuah larangan bagi para wisatawan, yaitu dengan tidak memperbolehkan para pengunjung masuk ke dalam Hutan Larangan, apalagi sampai memetik buahnya. Alih alih karena hal mistis, hal tersebut justru sebagai upaya untuk menjaga kelestarian alam.

Editor : Sandi

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut