get app
inews
Aa Read Next : Fakta Unik di Pemalang yang Jarang Orang Tahu, Ada Ojek Perahu Penyeberangan di Kali Elon

Ini Dia! Deretan Kampung Unik yang Masih Menjaga Tradisi, Nomor 3 Paling Ditakuti di Dunia

Jum'at, 09 Desember 2022 | 07:39 WIB
header img
Deretan kampung unik yang masih menjaga tradisi / Foto : Wonderful Indonesia

2. Wae Rebo, Nusa Tenggara Timur

Wae Rebo merupakan desa tradisional yang berada di Kampung Satar Lenda, Kecamatan Satar Mese, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur. Sebutan 'Wae' diartikan sebagai 'air' dalam Bahasa Manggarai.

Uniknya, di kampung ini hanya terdapat 7 rumah utama atau yang disebut sebagai Mbaru Niang. Mbaru Niang merupakan sebuah rumah berbentuk lumbung kerucut sebagai wujud keselarasan manusia dengan alam serta dinila sebagai cerminan fisik dari kehidupan sosial Suku Manggarai. 

Sebagai desa yang dijuluki 'desa di atas awan', usia kampung adat ini terbilang cukup legendaris. Pasalnya, kampung ini disebutkan sudah berumur 1200 tahun dan sudah memasuki generasi ke 20. Dimana 1 generasi berusia 60 tahun lamanya.

Selain itu, sebanyak 44 keluarga di kampung ini rata - rata berprofesi sebagai petani. Sektor pertaniannya pun cukup beragam, diantaranya kopi, cengkeh, dan umbi - umbian.

3. Suku Kajang Ammatoa, Bulukumba, Sulawesi Selatan

Berikutnya yaitu Desa Adat Suku Kajang yang berada di Desa Tana Toa, Bulukumba, Sulawesi Selatan. Secara geografis desa ini dibagi menjadi dua bagian, yakni Kajang Dalam (Suku Kajang, mereka disebut “Tau Kajang”) dan Kajang Luar (orang-orang yang berdiam di sekitar Suku Kajang yang relatif modern, mereka disebut “Tau Lembang).

Dengan dipimpin oleh seorang Ammatoa ( julukan pemimpin di Suku Kajang yang diperoleh secara turun temurun ), desa tersebut berhasil menyandang predikat sebagai salah satu suku paling ditakuti di dunia.

Editor : Sandi

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut