get app
inews
Aa Read Next : Program TJSL BRI Peduli, BRI Cabang Pemalang Beri Bantuan Satu Unit Ambulans ke MWCNU Ampelgading

Dorong Kesejahteraan Perempuan Pesisir, DPD KNTI Pemalang Bentuk Pengkaderan KPPI

Minggu, 08 Januari 2023 | 17:35 WIB
header img
DPD KNTI Pemalang membentuk pengkaderan perempuan pesisir di Desa Asemdoyong, Kecamatan Taman, Minggu (8/1/2023). Foto: iNews ID/ Istimewa

PEMALANG, iNews.id - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Kabupaten Pemalang membentuk pengkaderan nelayan dan kesatuan perempuan pesisir Indonesia (KPPI).

Pembentukan kader nelayan dan dan perempuan pesisir Indonesia dilakukan oleh DPD KNTI Pemalang untuk memperkuat kelembagaan nelayan dan perempuan pesisir di wilayah Pemalang, di Desa Asemdoyong RT. 045 RW. 009, Kecamatan Taman, Pemalang, Minggu (8/1/2023).

Ketua DPD KNTI Kabupaten Pemalang Suritno menyebut, lewat kelembagaan organisasi perempuan seperti KPPI, diharapkan perempuan-perempuan di pesisir bisa mewujudkan apa yang menjadi cita-cita bersama tentang kesejahteraan yang adil.

"Kesejahteraan yang adil disini mencakup arti yang luas, baik adil secara ekonomi, adil secara politik dan adil secara sosial," kata Suritno.

Menurut Suritno, selama ini perempuan pesisir dalam pemenuhan ekonomi, sosial, khususnya oleh perempuan masih dianggap sebagai kerja-kerja yang bersifat sekedar membantu suami dirumah.

"Masih dianggap sebagai sebuah kewajiban seorang perempuan terhadap suaminya saja," paparnya.

"Dampaknya, hak-hak dan perlindungan terhadap mereka tidak terpenuhi, termasuk upaya untuk melakukan pemberdayaan para perempuan pesisir," imbuh Suritno. 

Editor : Aryanto

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut