get app
inews
Aa Read Next : Inspiratif! Polisi di Pemalang Ternak Kambing Perah, Banyak Diburu Supplier Pabrik Susu Ternama

Melihat Kiprah Bidang Humas Polda Jateng di bawah Nahkoda Kombes Iqbal

Senin, 16 Januari 2023 | 22:40 WIB
header img
Di bawah komando Kombes Pol Iqbal Alqudusy, roda tugas pokok dan fungsi Bidang Humas Polda Jawa Tengah berjalan dengan baik. Kombes Iqbal menjabat sejak Juni 2021. (Foto: Dok Humas Polda Jawa Tengah)

Apa yang dikerjakan Kombes Iqbal juga mendapat apresiasi dari Agus Flores yang notabene pemilik karya Fast Respon Nusantara (FRN), sebuah wadah perkumpulan wartawan. Agus menyebut Iqbal adalah sosok polisi yang cinta negara dan figur Satya Haprabu alias sikap setia kepada negara dan pimpinan. 

“Jadi wajar saya puji Bang Iqbal, karena figur seperti beliau harus diikuti,” kata Agus Flores. 

Kaya Inovasi
Berbagai terobosan kreatif untuk memberikan informasi terkini kegiatan kepolisian kepada masyarakat digarap pula oleh Bidang Humas Polda Jawa Tengah.  

Di antaranya; kegiatan live report atau laporan langsung dari anggota Polri di lapangan. Tujuannya, agar masyarakat mengetahui situasi kamtibmas terkini termasuk kegiatan-kegiatan anggota Polri khususnya Polda Jawa Tengah dalam upaya memelihara kamtibmas.  

Salah satunya, di penghujung Desember 2022 lalu di mana bencana meteorologi melanda Jawa Tengah, khususnya wilayah pantai utara (pantura) tak terkecuali Kota Semarang. 

“Petugas kepolisian seperti Kapolsek, Bhabinkamtibmas, anggota lalu lintas maupun petugas lain melaporkan langsung ke masyarakat kegiatan kepolisian yang mereka laksanakan. Live by phone. Jadi kami secara tidak langsung mendorong mereka untuk menjadi jurnalis warga atau citizen journalist,” ungkap Kombes Iqbal. 

Rintisan awal kegiatan seperti itu juga dilakukan Bidang Humas Polda Jateng bekerjasama dengan RRI Semarang. Programnya dinamai “Polisi Hadir”, kedua belah pihak sepakat untuk mengalokasikan waktu live report anggota Polri itu pada jam siaran RRI pada pukul 05.00 - 24.00 WIB. 

Program Polisi Hadir ini bisa ditangkap di pendengar RRI Semarang Program 1 di frekuensi 89 FM dan 8,01 FM serta aplikasi RRI Play Go. Selain itu juga dapat diakses di siaran streaming RRI di internet. 

Teknisnya, penyiar RRI akan menghubungi petugas kepolisian di lapangan. Petugas kemudian akan menyampaikan berbagai informasi, sebut saja soal spot-spot rawan macet, kriminalitas hingga pelayanan masyarakat oleh Polri. Tujuannya memberikan informasi yang akurat untuk memberikan rasa nyaman masyarakat.  

“Masyarakat nanti bisa juga mendapatkan informasi tentang aplikasi yang tengah dikembangkan Polri, ungkap kasus, daerah rawan kamtibmas dan informasi terkini lainnya,” tambah Iqbal.  

Editor : Aryanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut