get app
inews
Aa Read Next : Inspiratif! Polisi di Pemalang Ternak Kambing Perah, Banyak Diburu Supplier Pabrik Susu Ternama

Melihat Kiprah Bidang Humas Polda Jateng di bawah Nahkoda Kombes Iqbal

Senin, 16 Januari 2023 | 22:40 WIB
header img
Di bawah komando Kombes Pol Iqbal Alqudusy, roda tugas pokok dan fungsi Bidang Humas Polda Jawa Tengah berjalan dengan baik. Kombes Iqbal menjabat sejak Juni 2021. (Foto: Dok Humas Polda Jawa Tengah)

Penanggung jawab Program 1 RRI Semarang Setya Daraningrum mengapresiasi terobosan kreatif ini.  

“Dengan informasi yang langsung diberikan oleh polisi di lapangan, masyarakat bisa langsung mendapat info dari pihak yang berkompeten yaitu kepolisian,” kata Dara, sapaannya. 

Menerima informasi langsung dari petugas kepolisian, sebut Dara, masyarakat akan lebih tenang. Sebab, informannya kredibel. Selain itu, informasi yang akurat itu sangat membantu menangkal hoaks yang kerap beredar di masyarakat. 

“Kalau yang ngomong polisinya langsung kan beda. Informasinya valid,” lanjut Dara.  
 
Dara berharap program seperti ini bisa terus dikembangkan Polri untuk membina kedekatan dan memberikan informasi yang aktual kepada masyarakat. 

Saat ini, di antara terobosan kreatif yang dilakukan adalah program Jumat Curhat di wilayah Polda Jawa Tengah. Program ini memungkinkan masyarakat bisa bertanya bahkan berkeluh kesah tentang apa yang dialaminya, hingga bagaimana pelayanan kepolisian berjalan. Berbagai platform media sosial mulai dari Instagram hingga Twitter dimanfaatkan untuk berinteraksi dengan cepat. 
Iqbal juga membuat Podcast Polisine Jateng di Polda Jawa Tengah untuk memperkaya literasi digital publik.

Diganjar Sederet Penghargaan
Lewat berbagai program dan terobosan kreatifnya, Bidang Humas Polda Jawa Tengah tercatat telah menerima sejumlah penghargaan dari Mabes Polri. Pada kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernis) Divisi Humas Polri T.A. 2022 pada 22-23 Maret 2022 di Jakarta, Bidang Humas Polda Jawa Tengah menerima empat penghargaan dari Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo. 

Penghargaan bergengsi itu juga diterima dari Polri TV dan Radio untuk beberapa kategori. Di antaranya; peliputan media dan media sosial teraktif pada jajaran Bidang Humas Polda se-Indonesia.  

Dari Polri TV dan Radio memberikan penghargaan kepada Kombes Iqbal sebagai pengirim konten berita terbanyak tingkat Polda dan Polres jajaran, serta kategori pemberitaan kreatif dan kategori rilis terbaik kasus menonjol. 

Selain itu, pada kesempatan pelatihan multimedia, Irjen Dedi Prasetyo juga mengapresiasi langkah Bidang Humas Polda Jawa Tengah karena dinilai mampu mengelola isu dengan cerdas. Hal ini secara tidak langsung akan berdampak pada terciptanya iklim kamtibmas yang kondusif.  

Tahun sebelumnya, yakni di 2021, Bidang Humas Polda Jawa Tengah juga menyabet penghargaan sebagai pengelola media sosial terbaik.  

Editor : Aryanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut