get app
inews
Aa Read Next : Krisis Air Bersih, Humas Polres Pemalang Salurkan Air Bersih untuk Warga Desa Kuta di Malam Hari

Dampak Kemarau Panjang, Debit Air Waduk Jatiluhur Semakin Menyusut

Selasa, 05 September 2023 | 11:30 WIB
header img
Debit air waduk Jatiluhur di Kabupaten Purwakarta semakin menyusut seiring musim kemarau yang masih berlangsung hingga sekarang. (Foto: Dok. MPI)

PURWAKARTA, iNewsPemalang.id Debit air waduk Jatiluhur di Kabupaten Purwakarta semakin menyusut seiring musim kemarau yang masih berlangsung hingga sekarang. Hal ini dikhawatirkan bakal mengganggu pasokan air untuk irigasi persawahan, industri serta air baku ke Jakarta.

Dikutip dari iNews Jabar, Selasa (5/9/2023), volume air di Waduk Ir H Djuanda atau Jatiluhur ini terus mengalami surut selama tiga bulan terakhir akibat musim kemarau. Diprediksi debit air akan terus menyusut jika sampai November 2023, hujan tidak kunjung turun.

Dari semestinya batas normal tinggi permukaan air maksimal 107 meter di atas permukaan laut (mdpl), saat ini hanya 96 mdpl. Ketinggian itu berada 2 meter di atas batas kritis yang ditentukan Perum Jasa Tirta II selakupengelola waduk, yakni 94,44 mdpl.

Direktur Operasi dan Pemeliharaan Perum Jasa Tirta II, Anton Mardiyanto menyebut, penyusutan waduk ini karena air yang dikeluarkan lebih besar daripada yang masuk.

Namun menurutnya, hingga saat ini pasokan air untuk saluran irigasi persawahan di Karawang, Bekasi dan pantura Subang masih relatif aman. 

Editor : Aryanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut