get app
inews
Aa Read Next : Mengerikan! Akan Terjadi Ledakan di Matahari saat Gerhana Matahari Total 8 April 2024

India Sukses Luncurkan Satelit Tanpa Awak Aditya-L1 Menuju Matahari, Ini Misinya

Rabu, 06 September 2023 | 02:28 WIB
header img
India sukses meluncurkan satelit tanpa awak Aditya-L1 ke luar angkasa menuju Matahari pada Sabtu (2/9/2023) lalu. (Foto/ISRO)

INDIA, iNewsPemalang.id - India sukses meluncurkan satelit tanpa awak, Aditya-L1 ke luar angkasa menuju Matahari pada Sabtu (2/9/2023) lalu. Diperkirakan empat bulan lagi satelit satelit itu akan sampai di lokasi, yakni Titik L1.  

Dikutip dari situs Jagranjosh, Rabu (6/9/2023), Ketua ISRO Sreedhara Panicker Somanath menyebut, Aditya-L1 menempuh perjalanan yang cukup lama hingga mencapai 135 hari.

Adapun titik L1 bukan tempat yang sangat dekat dengan Matahari, melainkan merupakan lokasi yang sangat ideal untuk melakukan penelitian terhadap Matahari. 

Titik L1 diketahui merupakan wilayah yang sangat stabil dan tidak terpengaruh oleh kondisi luar biasa yang terjadi di Matahari. 

"L1 adalah titik stabil secara gravitasi yang terletak sekitar 1,5 juta kilometer dari Bumi ke Matahari. Artinya Aditya-L1 akan selalu berada pada posisi relatif yang sama terhadap Matahari dan Bumi. Posisi itu sangat ideal untuk melakukan pengamatan Matahari secara terus menerus," tulis situs Jagranjosh. 

Hal tersebut diyakini akan memberikan keuntungan yang lebih besar untuk mengamati aktivitas Matahari dan pengaruhnya terhadap cuaca antariksa secara real time. 

Editor : Aryanto

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut