get app
inews
Aa Read Next : Pasar Belik Kebakaran, Warga Sekitar Lokasi Panik Lihat Api Sudah Membesar

Fakta Unik di Pemalang, Masih Ada Pembuat Gula Aren Alami Meski Banyak Gula Pabrik di Pasar Luas

Kamis, 07 September 2023 | 09:15 WIB
header img
Fakta unik di Kabupaten Pemalang, masih ada warga desa yang membuat gula aren alami meski banyak gula pabrik di pasar luas. (Foto: Istimewa)

PEMALANG, iNewsPemalang.id - Beberapa Desa penghasil gula aren di Kabupaten Pemalang adalah Desa Mendelem dan Desa Simpur di Kecamatan Belik. Hal ini terbilang unik, mengingat saat ini sudah banyak produksi gula pabrik di pasar luas.

Selain rasa manis alami yang enak, gula aren juga kaya akan karbohidrat sehingga mampu memberikan energi pada tubuh dan mengembalikan stamina tubuh yang lemah setelah beraktifitas. 

Dikutip dari berbagai sumber, khasiat gula aren juga dapat menguatkan daya ingat, dan mengatasi gangguan kesehatan lainnya seperti sakit tenggorokan dan gangguan pencernaan

Pada gangguan sakit tenggorokan, gula aren dikonsumsi dengan mencampurkan lada hitam pada segelas air hangat. Sedangkan untuk gangguan pencernaan, gula aren dapat dijadikan untuk campuran teh hangat, karena kandungan serat inulin gula aren dapat mengendalikan bakteri pada usus.

Sebagian warga Desa Mendelem, sudah sejak lama membuat gula aren, bahkan turun temurun. Namun sayangnya, produksi rumahan ini belum menembus pasar lebih luas. 

Editor : Aryanto

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut