get app
inews
Aa Read Next : Kecelakaan di Tol Cipali, Mobil Anggota DPRD Jabar Terbalik Masuk Bahu Jalan

Mengenal Sejarah Wayang Kulit Ciptaan Kanjeng Sunan Kalijaga, Warisan Budaya yang Diakui UNESCO

Minggu, 26 November 2023 | 16:47 WIB
header img
Wayang kulit dimainkan dalang dengan cerita narasi melakonkan tokoh kebaikan dan kejahatan. (Istimewa)

PEMALANG, iNewsPemalang.id Masyarakat Jawa kaya akan budaya daerah, di antaranya wayang kulit, yang sudah tak asing lagi khususnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Berbeda dengan wayang golek yang lebih terkenal di Jawa Barat.

Wayang kulit merupakan karya kebudayaan yang mengagumkan dengan cerita narasi yang mengedukasi, dan merupakan sebuah warisan yang indah dan berharga, dan telah diakui oleh UNESCO pada tanggal 7 November 2003.

Dalam cerita narasi wayang kulit biasanya melakonkan sebuah kehidupan masyarakat dengan tema kisah antara kebaikan dan kejahatan, di mana kedua sifat berlawanan ini selalu ada dalam diri manusia.

Sejarah wayang kulit sendiri menurut kepercayaan dan sastra Jawa, konon diciptakan oleh Kanjeng Sunan Kalijaga yang juga adalah seorang tokoh masyhur dari Wali Songo.

Sunan Kalijaga merupakan keturunan Bangsawan Ponorogo, Arya Wiraraja. Pada masa itu masyarakat Indonesia terutama masyarakat suku Jawa menggemari pertunjukan Wayang Beber, di mana dalam Islam melukis diatas kertas dianggap Haram (dilarang).

Editor : Aryanto

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut