get app
inews
Aa Read Next : BREAKING NEWS! Gempa Bumi Magnitudo 6,5 Guncang Garut, Getaran Terasa hingga Pemalang Jawa Tengah

Kabar Bumi Akan Gelap Selama 3 Hari Viral di Media Sosial, Ini Penjelasan BMKG dan BRIN

Minggu, 31 Maret 2024 | 19:33 WIB
header img
Fenomena Gerhana Matahari Total akan terjadi pada 8 April 2024 di Amerika Serikat dan Kanada. (Ilustrasi/ Freepik)

PEMALANG, iNewsPemalang.id - Kabar Bumi akan mengalami gelap selama 3 hari, mulai 8 April hingga 11 April 2024 viral di media sosial. Hal tersebut dikarenakan Gerhana Matahari Total (GMT) yang akan terjadi pada tanggal tersebut.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) menjelaskan, pada tanggal 8 April 2024 mendatang memang akan terjadi Gerhana Matahari Total (GMT).

Namun, BMKG menyebut bahwa Totalitas GMT hanya akan melewati wilayah Benua Amerika. Sedangkan wilayah Indonesia tidak dilewati oleh, sehingga Gerhana Matahari tidak dapat diamati di Indonesia.

Fenomena Gerhana Matahari Total diprediksi akan terjadi di Amerika Utara, Amerika Serikat bagian tengah, Meksiko dan Kanada bagian timur. 

Menurut BMKG, Gerhana Matahari Total tanggal 8 April 2024 akan terjadi selama beberapa jam dan tidak akan membuat Bumi gelap selama tiga hari.

Sebagaimana dikutip dari laman resmi Kominfo, Minggu (31/3/2024), Ahli Astronomi dan Astrofisika Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Thomas Djamaluddin, menyebut bahwa isu yang beredar di media sosial (medsos) terkait Bumi akan gelap selama tiga hari adalah keliru.

Editor : Aryanto

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut