get app
inews
Aa
Read Next : Program TJSL BRI Peduli, BRI Cabang Pemalang Beri Bantuan Satu Unit Ambulans ke MWCNU Ampelgading

Menilik Kerajinan Gerabah di Kabupaten Pemalang, Produknya Terkenal hingga Luar Daerah

Minggu, 21 April 2024 | 17:29 WIB
header img
Perajin gerabah di Kelurahan Pelutan, Kabupaten Pemalang, produknya terkenal hingga luar daerah, Minggu (21/4/2024). (Istimewa)

PEMALANG, iNewsPemalang.id - Kerajinan gerabah di Kabupaten Pemalang sudah tak asing lagi dan telah terkenal hingga ke luar daerah. Para perajin gerabah ini bertempat di Jalan Nusa Indah RT 08/08, Kelurahan Pelutan, Pemalang.

Dalam sehari, setiap perajin mampu membuat 5 hingga 7 buah gerabah. Keterampilan mereka membuat gerabah diperoleh secara turun temurun dari orang tuanya. 

Salah seorang perajin, Nurochim (72) mengatakan, dia menguasai keterampilan membuat gerabah dari orang tuanya sejak usia 13 Tahun. Kemudian, dia pun menurunkan keterampilan itu pada anak-anaknya.


Bermacam kerajinan gerabah di Kabupaten Pemalang hingga saat ini masih lestari. (Istimewa)

Nurochim menyebut, hingga sekarang dia masih setia melakoni profesinya sebagai perajin gerabah. Setiap harinya dia membuat berbagai jenis gerabah di belakang rumahnya. 

"Dari usaha membuat gerabah ini, saya bisa menyokong ekonomi keluarga," katanya pada iNews Pemalang saat ditemui di lokasi kerja, Minggu (21/4/2024).

‘’Dalam sehari, saya biasanya membuat 5 sampai 7 buah gerabah,’ imbuhnya.

Editor : Aryanto

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut