get app
inews
Aa Read Next : Tegas! Disdikbud Jateng Larang Pungutan Uang Seragam di Sekolah pada PPDB 2024

Menjelang Pilkada Serentak 2024, Ombudsman Jateng Beri Perhatian Khusus, Ini Pesannya!

Kamis, 16 Mei 2024 | 00:26 WIB
header img
Siti Farida, SH., MH., Kepala Perwakilan Ombudsman Jawa Tengah. (Istimewa)

SEMARANG, iNewsPemalang.id - Menjelang kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 beberapa bulan lagi mendatang, mendapat perhatian beragam dari kalangan masyarakat dan tokoh serta lembaga di Jawa Tengah.

Salah satunya dari Ombudsman RI Jawa Tengah, yang menyoroti sejumlah persoalan yang harus diperbaiki, khususnya mengenai permasalahan pelayanan publik, sektor kesehatan dan sektor pendidikan.

Kepala Perwakilan Ombudsman Jawa Tengah, Siti Farida mengatakan, sejumlah persoalan pelayanan publik masih banyak bermunculan di 35 kabupaten/kota. Menurutnya, hal ini akan menjadi tugas berat yang harus dipikul para calon kepala daerah yang nantinya terpilih di Pilkada 2024.

"Di Jawa Tengah kasus-kasus pelayanan dasar masih ditemukan hampir merata tiap wilayah. Jadi, kita masih banyak menerima komplain pelayanan dasar. Seperti sektor pendidikan, kesehatan dan infrastruktur," ungkap Siti Farida kepada wartawan, Rabu (8/5/2024).

Menurut Farida, perlu diperhatikan bagi masing-masing kader partai yang mencalonkan diri sebagai kepala daerah, bila nantinya terpilih perlu menyelesaikan pekerjaan rumah terkait persoalan pelayanan publik yang masih banyak menumpuk.

Farida juga menegaskan, agar setiap calon kepala daerah supaya mencermati kasus maladministrasi, sehingga pemerintah daerah bisa hadir di tengah masyarakat, karena mereka adalah wajah negara.

"Artinya ketika mengalami maladministrasi maka Pemda (pemerintah daerah) harus hadir. Karena kepala daerah sebagai wajah negara. Mereka musti secara riil perlu melihat ada beberapa masalah layanan yang belum clear and clear," ujarnya.

Editor : Aryanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut