get app
inews
Aa Read Next : Sejarah Rumah Juang Persinggahan Bung Karno di Pegunungan Pemalang Selatan, Pernah Ditembaki DI TII

Mengenal Beberapa Bangunan Bersejarah Saksi Hari Lahirnya Pancasila di Ende Provinsi NTT

Rabu, 01 Juni 2022 | 13:41 WIB
header img
Bangunan bersejarah di Ende, Pulau Flores Provinsi NTT menjadi saksi sejarah hari lahirnya Pancasila

PEMALANG, iNews.id - Ende adalah nama sebuah kota yang berada di Pulau Flores, Provinsi NTT (Nusa Tenggara Timur). Pada tahun 2022 tepatnya tanggal 1 Juni, Ende dijadikan sebagai pusat perayaan Hari Lahir Pancasila.

Ende disebut Kota Pancasila karena wilayah ini dahulunya adalah tempat Soekarno diasingkan sekaligus menjadi tempat Soekarno dalam memikirkan gagasan dasar negara Indonesia yang sekarang disebut Pancasila.

Tentunya terdapat tempat-tempat menyimpan sejarah di Kota ini. Berikut 3 tempat saksi sejarah yang dapat dikunjungi pada masa ini:

1. Museum Bung Karno

Museum Bung Karno adalah bangunan berupa rumah yang ditempati oleh Bung Karno selama masa pengasingan oleh Belanda. Museum ini ada di Jalan Perwira, Ende.

2. Monumen Pancasila 

Monumen Pancasila dibangun sebagai tanda bahwa butir-butir Pancasila lahir di Ende. Monumen ini berada di Jalan Ahmad Yani No. 100, Kelurahan Kelimutu, Kecamatan Ende Tengah.

3. Taman Renungan Bung Karno

Taman Renungan Bung Karno merupakan tempat Bung Karno merenung dan mendapatkan ilham Pancasila. Di tempat ini terdapat patung Bung Karno yang tengah menatap ke arah laut. Taman ini berlokasinya di Kelurahan Rukun Lima, Kecamatan Ende Selatan.

Editor : Sandi

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut