get app
inews
Aa Read Next : Awas, Nekat Merokok di Madinah akan didenda Rp 800 Ribu!

Foto Visa Tertukar, Satu Jamaah Haji Asal Pati Tertunda Keberangkatannya

Kamis, 09 Juni 2022 | 17:15 WIB
header img
Loso jamaah haji yang visanya bermasalah dan keberangkatan hajinya terpaksa tertunda, Kamis (9/6/2022). /Dokumentasi Pribadi Arimbihp

PEMALANG, iNews.id - Satu jamaah calon haji kloter 2 asal Kabupaten Pati, Loso (54) tertunda keberangkatannya ke Tanah Suci

Pasalnya, foto yang seharusnya tertempel wajah Loso di Visa, ternyata tertukar dengan foto wanita.

Akibatnya, Loso yang seharusnya berangkat pada Sabtu (4/6/2022) terpaksa lebih lama di Asrama Haji Donohudan sambil menunggu pengurusan dokumen.

"Namanya sudah benar tetapi ternyata di situ fotonya foto cewek," kata Loso saat ditemui iNews di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Rabu (8/6/2022).

Loso mengaku, jika berjalan sesuai rencana, seharusnya, dia bisa berangkat ibadah haji bersama istrinya.

Namun akhirnya, istri Loso berangkat terlebih dahulu bersama rombongan kloter 2 lainnya.

"Istri saya sudah berangkat duluan bersama yang lain, dia sudah berada di sana dan baik-baik saja. Sudah telepon-teleponan sama saya, sudah video call an," katanya.

Terkait hal tersebut, humas Asrama Haji Donohudan (AHD), Sarip Sahrul Samsudin mengatakan, saat ini, visa Loso sudah dalam proses perbaikan dan akan segera menyusul rombongan lainnya.

"Perbaikan visa dari pihak kedutaan sudah diurus, sudah dikirim dari Jakarta, tetapi memang belum sampai, ditunggu dulu," katanya.
Sarip mengatakan, saat ini, Loso masih berada di AHD dan mendapat fasilitas yang sama dengan jamaah lain.

Lebih lanjut, Sarip mengatakan, untuk keberangkatan Loso ke Tanah Suci, Sarip akan disesuaikan dengan open seat atau kursi yang tersedia.  

Jamaah calon haji yang tertunda keberangkatannya itu akan diberangkatkan dengan kloter berikutnya setelah dokumen diterima.

"Apakah nanti akan digabung dengan rombongan awalnya, nanti kita lihat kondisi di lapangan ya dan apakah beliau berkenan di tanazul (mutasi antar kloter) nanti disesuaikan," jelasnya lagi.

Sebagai informasi, berdasarkan data hingga Rabu siang, total jamaah calon haji yang masuk Embarkasi Solo sebanyak 8 kloter dengan jumlah 2.872 orang  yang terdiri 2.840 jamaah haji dan 32 petugas haji.

Total yang tiba di tanah suci sebanyak 6 kloter yakni sebanyak  2.140 orang  terdiri 2.117 jamaah haji dan 23 petugas haji.

Untuk jumlah jemaaj calon haji yang sakit di asrama haji ada 4 orang, 2 orang dirujuk ke RS TNI AU dan 2 dirujuk ke RS Dr Moewardi Solo.

Editor : Anila Dwi

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut