Inilah Profil dan Biodata Roy Suryo, Sosok yang Unggah Meme Stupa Borobudur Mirip Jokowi

Rizka Auliarahma
Profil dan biodata Roy Suryo, sosok yang unggah meme stupa Borobudur mirip Jokowi. Sumber foto: Twitter @KRMTRoySuryo2

PEMALANG, iNews.id – Berita ini akan menyajikan profil dan biodata Roy Suryo. Nama Roy Suryo saat ini sedang ramai diperbincangkan akibat mengunggah foto editan atau meme berupa stupa Borobudur yang mirip Jokowi.

Foto itu ia unggah di Twitter pada Jum’at (10/6/2022) dan ia tarik kembali pada Selasa (14/6/2022).Unggahannya itu dinilai oleh beberapa netizen sebagai bentuk pelecehan terhadap kepala negara, Presiden Jokowi dan agama Budha.

Banyak yang menyayangkan atas kejadian tersebut karena Roy Suryo dianggap sebagai intelektual dan sempat menjabat sebagai menteri. Inilah profil dan biodata dari Roy Suryo dilansir dari berbagai sumber.

Roy Suryo memiliki nama lengkap Kanjeng Raden Mas Tumenggung Roy Suryo Notodiprojo atau KRMT Roy Suryo. Ia lahir Yogyakarta pada tanggal 18 Juli 1968 sehingga saat ini berumur 53 tahun.

Ia adalah anak dari pasangan Prof. Dr. Kanjeng Pangeran Haryo Soejono PH, SpS., SpKJ dan Raden Ayu Soeratmiyati Notonegoro. Istri Roy Suryo bernama Ririn Suryo atau Ismarindayani Priyanti, menikah pada 10 Desember 1994.

Roy Suryo adalah seorang pakar telematika. Ia kerap menjadi narasumber dalam bidang teknologi informasi, fotografi, dan multimedia sehingga dijuluki sebagai pakar informatika, multimedia, dan telematika.

Roy Suryo pernah menjabat Menteri Pemuda dan Olahraga pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Kabinet Indonesia Bersatu II. Ia diangkat sebagai menteri pada tahun 2013 menggantikan Andi Mallarangeng yang saat itu menjadi tersangka dalam kasus korupsi Hambalang.

Roy Suryo juga merupakan mantan politisi Partai Demokrat dan pernah menduduki kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.

Itulah sekilas profil dan biodata Roy Suryo yang namanya sedang banyak dibicarakan oleh publik.

Editor : Abdul

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network