Kucing Busok Asal Madura Akhirnya Diakui Oleh WCF Sebagai Kucing Asli Indonesia

Nungki Anastasia Putri
Kucing Busok yang diakui oleh WCF sebagai kucing asli Indonesia / Foto : Instagram

Bahkan, bagi masyarakat Madura kucing ini dinilai memiliki ilmu spiritual yang tinggi dan hanya bisa dipelihara oleh tokoh masyarakat maupun pejabat negara. Kucing Busok sendiri merupakan kucing yang dilindungi oleh masyarakat Pulau Madura.

Menurut riset, per tahun 2016 Kucing Busok dengan gen murni hanya tersisa kurang dari 100 ekor. Untuk mendapatkannya pun dinilai cukup sulit karena kucing ini hanya ada di ujung Pulau Madura yang merupakan lokasi terpencil, sehingga membuat harganya lumayan mahal yakni sekita 2-3 juta per ekor.

“Itulah yang menjadi alasan, bagi para pecinta kucing di tanah air kenapa harganya bisa mahal, karena tidak mudah untuk bisa mendapatkan kucing Busok, lantaran untuk bisa mendapatkan kucing kampung asli Pulau Raas ini harus menempuh lokasi di ujung pulau Madura yang letaknya jauh terpencil,” jelas Mulyanto pemilik Kucing Busok yang mendapatkan pengakuan World Cat Federation.

WCF juga mengatakan bahwa Kucing Busok belum memiliki silsilah yang jelas. Pasalnya, kucing tersebut diketahui memiliki variasi genetika yang tinggi dan diduga berasal dari keturunan Korat. Hal itu menyebabkan kucing jenis ini banyak diincar oleh para penyuka kucing.

Editor : Lazarus Sandya Wella

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network