Perang Ukraina-Rusia telah Memasuki Hari ke-100, Bagaimana Keadaannya?

Early Meidiasa Prameswari
Potret keadaan perang Rusia-Ukraina - Sumber Foto: Reuters.com

PEMALANG, iNews.id - Pada hari ke-100 sejak Rusia menginvasi Ukraina, perang memasuki fase kedua saat Moskow berporos dari upaya yang gagal untuk merebut ibu kota dan menguasai negara itu menjadi dorongan di timur di mana ia menekan keunggulan militernya ke arah tujuan yang lebih terbatas. 

Pasukan Rusia mengalami kerugian yang mengerikan dan ditolak di gerbang ibukota, Kyiv, oleh perlawanan yang kegigihannya mengejutkan para ahli dari Moskow hingga Washington. 

Presiden Volodymyr Zelensky dari Ukraina mengatakan dalam pidato semalam bahwa 50 kedutaan asing telah melanjutkan “kegiatan penuh mereka” di Kyiv, sebuah tanda stabilitas ibukota.

Tetapi Rusia sekarang berusaha untuk merebut wilayah Donbas di timur, di mana kedekatannya dengan perbatasan memperpendek jalur pasokannya dan di mana ia telah hadir setelah bertahun-tahun mendukung gerakan separatis pro-Rusia. 

Pada hari Jumat, pertempuran terus berkecamuk di Sievierodonetsk, kota besar terakhir di wilayah Donbas Luhansk yang tidak berada di bawah kendali Rusia.

Pasukan Moskow menggunakan senjata superior mereka untuk mencoba mengepung kota dan menghancurkannya agar tunduk. 

Rusia kemungkinan akan mengambil kendali penuh dan melakukan gencatan senjata atas wilayah Luhansk dalam dua minggu ke depan, menurut Kementerian Pertahanan Inggris, meskipun menggarisbawahi bahwa Rusia tidak memenuhi tujuan awalnya. 

Saat gema perang menyebar secara global, pemimpin Uni Afrika, Presiden Senegal Macky Sall, bertemu dengan Presiden Vladimir V. Putin dari Rusia untuk menekannya agar mencabut blokade angkatan laut yang efektif di Laut Hitam yang menghambat ekspor gandum dan pupuk dan ancaman kelaparan di negara-negara yang jauh dari pertempuran. 

Kremlin mengatakan bahwa mereka mendukung pembukaan Laut Hitam tetapi ingin sanksi Barat dicabut.

Komite Palang Merah Internasional mengatakan bahwa perang 100 hari di Ukraina telah menyebabkan kehancuran yang “melampaui pemahaman.

“Akan sulit untuk melebih-lebihkan jumlah korban konflik bersenjata internasional di Ukraina terhadap warga sipil selama 100 hari terakhir,” katanya dalam sebuah pernyataan.

“Rumah, sekolah, dan rumah sakit telah dihancurkan dan warga sipil menderita akibat konflik yang mengerikan, dengan banyak nyawa hilang dan keluarga terkoyak.”

Editor : Anila Dwi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network