13 Calon Jamaah Haji Asal Grobogan Positif Covid-19, Pemberangkatan Dipindah ke Kloter 5 dan 6

Arimbi Haryas Prabawanti
Calon jamaah haji asal Grobogan / Dokumen Pribadi Arimbihp

PEMALANG, iNews.id - 13 calon jemaah haji Embarkasi Solo asal Grobogan positif Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Koordinator Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo Sarip Sahrul Samsudin di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jawa Tengah, Senin (6/6/2022).

Menurut dia, 13 calon jamaah haji tersebut dinyatakan positif setelah menjalani pemeriksaan tes swab polymerase chain reaction (PCR).

"Pemeriksaan ini untuk memastikan mereka layak terbang bersama kelompok terbang (kloter) calon jemaah lainnya ke Tanah Suci Mekah," kata Sarip saat ditemui iNews.

Lebih lanjut, Sarip menuturkan, mereka (calon jemaah haji yang positif Covid-19) harusnya masuk di kloter 3 dan 4. Meski demikian, Sarip menugurkan, setelah hari berikutnya dites (PCR), hasilnya negatif.

"Jadi, rencananya, para jamaah tersebut akan dimasukkan di kloter 5," terang Sarip.

Oleh karenanya, lanjut Sarip, untuk memastikan mereka bebas Covid-19, calon jemaah haji kembali dites swab PCR di Embarkasi Solo.

"Di sini dites ulang (PCR) oleh bidang kesehatan. Dari embarkasi segera (hasilnya). Buat mengejar kloter 6 juga," ungkap Sarip.

Sementara itu, hingga saat ini, lima calon jamaah haji yang sakit mulai membaik. 

Kelima calon jamaah haji tersebut sempat mendapatkan perawatan di RS TNU Angkatan Udara (AU) Colomadu, Karanganyar.

“Dari hasil pemeriksaan kesehatan, ada beberapa jamaah calon haji yang belum layak terbang dikarenakan sakit anemia dan konjungtivitis (radang mata,Red),” kata Sarip.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PPIH Embarkasi Solo Musta’in Ahmad mengatakan, pemberangkatan calon jamaah haji lainnya ke Tanah Suci berjalan  lancar. 

Antusiasme ini diharapkan menjadi pertanda baik untuk pelaksanaan haji tahun selanjutnya. Apalagi Embarkasi Solo mengawali pemberangkatan calon jamaah haji di Indonesia.

“Kita bersyukur pak gubernur, ketua MUI, stafsus menag, DPR RI bisa rawuh. Kita lihat para jamaah juga antusias dan bersemangat. Ini tanda kita mensyukuri semuanya. Kita memberikan penghormatan pada calon jamaah haji sekaligus doa-doa bersama kita,” jelasnya.

Hingga berita ini diturunkan, calon jamaah haji yang akan masuk asrama Asrama Haji Donohudan Boyolali sebanyak 15.305 orang dan terbagi 43 kloter. 

Jumlah tersebut terdiri dari calon jamaah haji asal Jawa Tengah sebanyak 13.868 orang dan terbagi menjadi 39 kloter. 

Kemudian, untuk Yogjakarta sebanyak 1.437 calon jamaah haji, terbagi dalam empat kloter.

Sedangkan petugas kloter 172 orang. Masing-masing kloter akan didampingi empat petugas.

Terdiri dari satu petugas tim pemandu haji Indonesia (TPHI), satu tim pembimbing ibadah haji Indonesia (TPIHI) dan dua petugas tim kesehatan haji Indonesia (TKHI). 

Editor : Anila Dwi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network