get app
inews
Aa Read Next : Sosok Wilda Siti Nurfadhilah, Atlet Cantik Timnas Voli Putri Indonesia yang Curi Perhatian Dunia

Benarkah Olahraga Dapat Mengurangi Stres? Simak Penjelasan Ini

Minggu, 19 Juni 2022 | 03:30 WIB
header img
Olahraga dapat mengurangi stres, ini penjelasannya/ freepik.com by KamranAydinov

PEMALANG, iNews.idOlahraga sejatinya adalah aktivitas untuk melatih tubuh manusia agar kuat dan sehat, baik jasmani maupun rohaninya. Selain membawa manfaat bagi tubuh, olahraga juga membawa manfaat bagi pikiran.

Olahraga disebut dapat mengurangi stres, hal itu adalah fakta dan sudah dibuktikan oleh penelitian. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Ketika berolahraga, tubuh menghasilkan sejumlah hormon yang dapat mempengaruhi kondisi stres.Olahraga rutin akan membuat tubuh menghasilkan hormon yang dinamakan hormon endorfin.

Hormon endorfin merupakan hormon yang dapat memicu rasa senang dan nyaman dalam tubuh. Hormon endorfin inilah yangg akan memperbaiki suasana hati sekaligus menekan produksi hormon penyebab stres.

Hormon yang menyebabkan stres adalah hormon epinefrin dan kortisol. Kedua hormon stres tersebut akan meningkat kadarnya ketika ada pemicu yang menyebabkan stres. Dengan olahraga yang cukup, maka tubuh akan menghasilakn hormon endorfin yang dapat menurunkan hormon kortisol di dalam tubuh.

Itulah penjelasan terkait olahraga yang ternyata dapat mengurangi stres. Oleh sebab itu, biasanya seseorang yang rutin berolahraga akan terlihat lebih rileks dan ceria saat beraktivitas.

Editor : Abdul Kadir

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut