get app
inews
Aa Read Next : India Sukses Luncurkan Satelit Tanpa Awak Aditya-L1 Menuju Matahari, Ini Misinya

Jam Berapa Fenomena Langka Planet Sejajar 24 Juni 2022 Dapat Terlihat ? Catat Jadwal Ini

Kamis, 23 Juni 2022 | 18:00 WIB
header img
Jam berapa fenomena planet sejajar dapat dilihat dari Indonesia? Catat jadwal ini. Foto: freepik.com by wirestock

PEMALANG, iNews.id – Pada tanggal 24 Juni 2022 sebuah fenomena langka, yaitu planet sejajar akan terjadi. Peristiwa ini disebut sebagai fenomena langka karena hanya terjadi satu kali dalam 18 - 19 tahun.

Fenomena planet sejajar akan memperlihatkan planet Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus berada dalam satu garis sejajar jika dilihat dari Bumi. Dari Bumi, planet sejajar dapat dilihat dengan mata telanjang ketika cuaca cerah.

Lalu pada jam berapakah fenomena planet sejajar dapat dilihat dari Indonesia? Berikut adalah jadwal yang bisa dicatat agar tidak ketinggalan dalam menyaksikan fenomena langka ini.

Dilansir dari Kabar Astronomi, waktu terbaik untuk melihat fenomena planet sejajar adalah 30 menit sebelum matahari terbit di tanggal 24 Juni 2022. Pada waktu tersebut, semua planet akan terlihat berada dalam satu garis sejajar.Jika melihat lebih awal, maka Anda akan menyaksikan planet tersebut muncul satu per satu mulai membentuk posisi sejajar. 

Menurut Andi Pangeran, seorang peneliti di Pusat Riset Antariksa BRIN,  fenomena itu dapat dilihat Sejak awal fajar atau 72 menit sebelum matahari terbit sekitar pukul 04.30 waktu setempat, hingga akhir fajar bahari atau 24 menit sebelum matahari terbit sekitar pukul 05.30 waktu setempat.

Editor : Abdul Kadir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut