get app
inews
Aa Read Next : Sejarah Tugu Leitje, Situs Makam Belanda di Pemalang yang Kini Jadi Cagar Budaya

Mengenal Sejarah Hari Pelaut Sedunia yang Diperingati Setiap 25 Juni

Sabtu, 25 Juni 2022 | 04:00 WIB
header img
Sejarah Hari Pelaut Sedunia yang diperingati setiap 25 Juni. Foto: freepik.com

PEMALANG, iNews.idHari Pelaut Sedunia atau Day of The Seafarer diperingati setiap tanggal 25 Juni setiap tahunnya. Peringatan Hari Pelaut Sedunia merupakan bentuk apresiasi kepada seluruh pelaut di dunia atas kontribusinya dalam perdagangan global dan perekonomian dunia.

Para pelaut telah berjasa dalam memastikan perpindahan orang, pengiriman barang-barang pokok dan komoditas di dunia berjalan dengan lancar, aman dan selamat sampai tujuan. Oleh sebab itu, maka ditetapkan Hari Pelaut Sedunia untuk menghargai jasa para pelaut. Berikut merupakan sejarah singkat lahirnya Hari Pelaut Sedunia.

Hari Pelaut Sedunia ditetapkan pada tahun 2011 dalam konferensi yang diadakan di Manila, Filipina. Konferensi itu dihadiri oleh negara anggota Internasional Maritime Organization (IMO).

Pada konferensi diplomatik tersebut, telah disepakati bahwa para pelaut memiliki kontribusi yang besar bagi perdagangan internasional sehingga harus diakui dan diperingati setiap tahunnya.

Dengan itu, maka setiap tanggal 25 Juni diperingati sebagai Hari Pelaut Sedunia atau Day of The Seafarer. Hari Pelaut Sedunia menjadi momen yang penting untuk mengapresiasi dan mendukung para pelaut di seluruh dunia.

Editor : Abdul Kadir

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut