get app
inews
Aa Read Next : Potret Ojek Perahu di Kali Elon Pemalang

Pecak Belut Legendaris di Pemalang, RM Bu Niti Berdiri Sejak Tahun 1975

Senin, 21 November 2022 | 12:44 WIB
header img
Pecak Belut Bu Niti dengan Sambal Pati khas Kabupaten Pemalang / Foto : Instagram

Langkah pertama untuk membuat Pecak Belut Sambal Pati adalah dengan membersihkan isi perut pada belut, kemudian potong belut menjadi beberapa bagian. Setelah itu, cuci kembali belut tersebut sampai benar benar bersih.

Selanjutnya, belut kemudian digoreng dalam minyak panas selama 30 detik guna menghilangkan lendir yang ada pada belut. Proses penggorengan dilakukan selama tiga kali berturut turut agar menghasilkan kematangan sempurna dan memberikan sensasi renyah pada belut.

Proses pembuatan sambalnya sendiri yakni haluskan bawang merah, cabai rawit, cabai hijau, cabai keriting, garam, dan terasi udang dengan cara diulek. Kemudian tambahkan santan sampai tercampur merata. Setelah itu masukkan belut yang telah digoreng ke dalam cobek untuk dipecak bersama sambal yang sudah disajikan.

Warung Makan Bu Niti mengaku bahwa ia mampu menghabiskan 30 KG sampai 50 KG belut setiap harinya. Belut yang digunakannya pun di datangkan langsung dari Kalimantan. Namun jika sedang musim, warung makan ini mengupayakan agar mengambil langsung dari peternak belut lokal.

"Stok kami datangkan dari Kalimantan. Kalau belut seputar Pemalang sini, belum musim. Jadi dua minggu sekali saya datangkan dari Kalimantan," jelasnya.

Editor : Sandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut