get app
inews
Aa Read Next : Cegah Kanker Payudara Stadium Lanjut, Wanita Harus Lakukan Hal Ini

4 Manfaat Bawang Putih Lanang bagi Kesehatan, Nomer 3 Luar Biasa

Sabtu, 26 Agustus 2023 | 04:28 WIB
header img
Manfaat bawang putih lanang atau bawang putih tunggal bagi kesehatan tubuh. (Foto: Istimewa)

PEMALANG, iNewsPemalang.id Bawang putih lanang atau bawang putih tunggal mempunyai khasiat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Bentuknya bulat dengan warna yang lebih putih, berbeda dengan bawang putih biasa. 

Nama latin bawang putih lanang adalah Allium Sativus L. Manfaatnya bagi kesehatan telah dipercaya sejak jaman dahulu. Memiliki kandungan senyawa aktif didalamnya yang relatif lebih tinggi daripada bawang putih biasa. 

Dirangkum dari berbagai sumber pada Kamis (26/8/2023), bawang putih lanang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Mengurangi Kadar Kolesterol

Menurut penelitian, bawang putih lanang dapat menurunkan kadar Kolesterol dan Trigliserida sekitar 20 mg/dl dalam tubuh manusia. 

Adapun resep untuk menurunkan Kolesterol adalah memakan 3 atau 4 siung bawang putih lanang sebelum makan (saat perut kosong).
 
2. Menyembuhkan Batuk

Bawang putih lanang dapat mengurangi risiko batuk hingga lebih dari 50 persen. Kandungan senyawa kimia di dalamnya (Alliinase dan Alliin) membantu menciptakan senyawa kuat yang disebut Allicin saat umbi dihancurkan atau ditumbuk yang membantu meredakan batuk. Selain itu bawang putih lanang juga dapat mengurangi kemungkinan tertular penyakit lain.  

Editor : Aryanto

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut