get app
inews
Aa Read Next : Cegah Kanker Payudara Stadium Lanjut, Wanita Harus Lakukan Hal Ini

Marshanda Mengidap Tumor Payudara, Apa Bedanya dengan Kanker?

Rabu, 01 Juni 2022 | 14:20 WIB
header img
Marshanda idap tumor payudara. (Foto: IG).

PEMALANG, iNews.id - Baru-baru ini Marshanda atau biasa dipanggil Chacha mengunggah video di kanal YouTube nya yang bernama MARSHED dirinya mengaku bahwa terkena tumor payudara dan sedang check up di Singapura.

Namun, banyak orang yang sering salah kaprah mengenai perbedaan kanker payudara dengan tumor payudara. Lantas, apa perbedaannya?

Dilansir dari Halodoc yang dijelaskan oleh dr. Fadhli Rizal Makarim bahwa terdapat perbedaan antara kanker dan tumor payudara, simak penjelasan dokter Fadhli berikut ini.

Tumor payudara sifatnya jinak, terdapat benjolan pada payudara dan tidak membahayakan sel kankernya, dan tidak akan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Berikut tanda-tanda jika terdapat tumor payudara.

Benjolan pada tumor payudara sangat jelas jika dilakukan pemeriksaan, benjolan ini terasa lebih lunak dan lembut ketika dipegang. Benjolan tumor payudara biasanya terasa kenyal.

Pada saat menstruasi benjolan ini akan berkurang. Hingga kini belum ditemukan secara pasti penyebab tumor payudara ini. Namun, tumor jinak bisa saja berkembang ketika sel-sel membelah dan tumbuh secara tidak terkontrol. Sedangkan, sel-sel yang mati menumpuk dan membentuk tumor. 

Kalau kanker payudara memiliki tanda-tanda sebagai berikut ini.

Meskipun semua benjolan pada payudara tidak berbahaya harus tetap dilakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui lebih lanjut apa yang terjadi dalam payudara. 

Benjolan memiliki perkembangan yang sangat lambat, sehingga sulit dideteksi di awal perkembangannya. Benjolan yang disebabkan kanker payudara biasanya akan muncul pada area payudara, tetapi tidak menutup kemungkinan benjolan muncul di bagian lainnya, seperti di bawah ketiak.

Jangan lupa juga selain benjolan juga memperhatikan gejala lain seperti penebalan di area payudara sampai iritasi dan munculnya cairan berwarna merah dari puting.

Nah, itulah perbedaan tumor dan kanker payudara bagi perempuan jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan dini mengenai kanker dan tumor payudara akan bisa dideteksi dari awal.

Editor : Anila Dwi

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut