get app
inews
Aa Read Next : Simak! Ini Dia Deretan Bansos yang Akan Dihentikan di Tahun 2022, dan Dilanjut di Tahun 2023

Penyebab Tidak Lolos Kartu Pekerja, Perhatikan Hal Ini

Sabtu, 04 Juni 2022 | 12:00 WIB
header img
Penyebab tidak lolos kartu prakerja, perhatikan hal ini

PEMALANG, iNews.idKartu prakerja merupakan program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Tidak lolos kartu prakerja merupakan masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Sejumlah pendaftar sering kali mendapati dirnya tidak lolos padahal sudah mendaftar kartu pekerja berulang kali.

Penyebab tidak lolos kartu pekerja utamanya karena pendaftar tidak memenuhi seluruh persyaratan yang ditentukan. Berikut adalah kumpulan penyebab yang membuat Anda tidak lolos seleksi kartu pekerja.

  1. NIK terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Salah satu syarat menjadi peserta kartu pekerja adalah tidak sedang mengikuti pendidikan formal. Jika Anda nekat daftar saat Anda masing di bangku sekolah atau kuliah maka akan sia – sia sebab NIK Anda akan terlacak masih mengikuti pendidikan formal.

  1. Penerima bantuan sosial  dari pemerintah selama pandemi Covid-19

Jika Anda pernah menerima bantuan sosial dari pemerintah, maka Anda tidak bisa menjadi peserta kartu prakerja. Biasanya alasan yang muncul pada dashboard adalah NIK kamu terdaftar di Kementerian KUKM / Kementerian Sosial / BPJS Kesehatan atau telah terdaftar sebagai penerima BSU/BLT.

  1. Pernah menjadi penerima kartu pekerta/ sudah pernah lolos

Jika Anda sudah pernah menjadi peserta kartu pekerja maka tidak bisa melakukan pendaftaran lagi dengan NIK yang sama.

  1. Termasuk dalam daftar Orang yang tidak bisa menerima

Daftar orang yang tidak bisa menjadi peserta kartu pekerja antara lain Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa serta Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.

  1. Kuota Terbatas

Jika semua penyebab tidak ada yang cocok dengan Anda maka ini adalah kemungkinan terakhir penyebab Anda gagal. Pasalnya, pendaftar kartu prakerja tersebar di seluruh Indonesia sedangkan kuota yang dibuka terbatas.

Itulah beberapa penyebab Anda tidak lolos kartu prakerja. Setiap gelombang seleksi, pihak manajemen kartu prakerja sudah menentukan kuota tertentu. Maka dari itu, disarankan untuk segera mendaftar ketika seleksi kartu pekerja gelombang selanjutnya mulai dibuka.

Editor : Abdul Kadir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut