get app
inews
Aa Read Next : Waspadai 4 Hal Penyebab Sering Mengantuk Setelah Sarapan, Nomer 4 Ada Hubungannya dengan Gula Darah

5 Makanan yang Cocok dikonsumsi untuk Sarapan, Bisa Menurunkan Berat Badan

Sabtu, 16 Juli 2022 | 06:57 WIB
header img
Makan pagi atau sarapan bermanfaat bagi kesehatan tubuh, antara lain meningkatkan imunitas dan kerja otak. (Foto: ilustrasi/Pixabay).

PEMALANG, iNews.id - Sarapan adalah salah satu cara untuk memulai hari bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan

Terlebih jika, mengonsumsi makanan yang salah di pagi hari dapat membuatmu ingin merasa terus lapar sebelum makan siang dan dapat menyebabkan dietmu gagal.

Meski demikian, memilih makanan yang tepat dapat membuatmu merasa kenyang hingga waktu makan siang, sehingga kamu tidak mudah tergoda oleh camilan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 5 makanan dan minuman sehat untuk sarapan bagi kamu yang ingin turunkan berat badan.

1. Pisang

Bila Anda ingin sarapan dengan makanan yang alami tanpa bahan tambahan, cobalah pisang.

Buah tinggi serat dan karbohidrat ini dapat menjadi alternatif dari berbagai makanan sarapan instan yang manis, tinggi kalori, dan tinggi gula.

Pisang juga merupakan sumber pati resisten yaitu sejenis serat yang tidak bisa hancur dalam lambung dan usus halus.

Penelitian dalam British Journal of Nutrition menemukan bahwa pati resisten dan membantu mengurangi asupan makan dan lemak perut.

2. Oatmeal

Oatmeal bisa bantu turunkan berat badan dengan dua cara;

(1) kandungan serat dan membuat rasa kenyang bertahan lama

(2) mengkonsumsinya tiga jam sebelum olahraga bisa bantu membakar lebih banyak lemak.

Menurut studi, karbohidrat “slow-release” seperti oatmeal tidak meningkatkan gula darah setinggi makan karbohidrat olahan (roti bakar putih).

3. Yogurt

Laporan yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine dari Harvard mengungkapkan yogurt adalah salah satu makanan penurun berat badan berkat kandungan proteinnya.

Protein memberi rasa kenyang dan butuh waktu lebih lama untuk dicerna daripada karbohidrat sederhana.

Hindari yogurt berperisa supaya tidak menambah kalori dan asupan gula.

4. Telur

Telur merupakan makanan kaya akan protein dan banyak vitamin serta mineral, seperti selenium dan riboflavin. Hal ini berarti bahwa telur merupakan menu sehat bernutrisi.

Berkat kandungan proteinnya yang tinggi, telur dapat mempertahankan rasa kenyang hingga waktunya makan siang tiba. Sehingga akan membantu menurunkan berat badan.

Penelitian terhadap 152 orang dewasa menemukan bahwa mengganti menu sarapan bagel dengan telur dapat menurunkan berat badan hingga 65 persen lebih banyak dan mengurangi lingkar pinggang 34 persen lebih besar selama periode 8 minggu.

5. Smoothie

"Sebuah penelitian yang diterbitkan di Nutrition menunjukkan bahwa orang dewasa muda yang secara teratur mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh ganda (PUFA), seperti kenari, mungkin mengalami perubahan yang menguntungkan pada hormon nafsu makan yang terkait dengan rasa lapar dan kenyang," kata Maggie Michalczyk, RDN.

 

Editor : Anila Dwi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut