get app
inews
Aa Read Next : Rekomendasi Podcast Horor di Spotify, Siap Membuat Bulu Kuduk Berdiri!

Hati – hati! Menonton Film Horor Ternyata Berdampak ke Kesehatan Mental

Kamis, 28 Juli 2022 | 19:15 WIB
header img
Hati – hati! Nonton Film Horor Ternyata Berdampak ke Kesehatan Mental. Foto: freepik.com

PEMALANG, iNews.id – Film horor merupakan genre film yang disukai oleh banyak orang. Penikmat film horor biasanya akan meluangkan waktu demi menonton film horor yang baru saja dirilis.

Menyaksikan film horor memang terasa seru dan menegangkan. Melansir dari hellosehat.com, menonton film horor  memberikan beberapa manfaat bagi penggemarnya antara lain menimbulkan rasa puas dan senang serta memberi pelajaran dan membuat lebih waspada dari keadaan sekitar.

Namun di samping itu, ternyata menonton film horor juga berdampak buruk ke kesehatan mental. Melansir dari alodokter.com, film horor dapat menimbuklan kecemasan dan pikiran negatif yang dapat membuat sebagian orang menjadi mudah panik dan stres.

Bagi orang yang mudah ketakutan atau sensitif, film horor dapat mengganggu ketenangan dan kenyamanan. Sebab, penonton akan membayangkan kembali adegan - adegan yang menyeramkan atau menakutkan yang ada di film horor.

Sebagian orang bahkan dapat mengalami mimpi buruk usai menonton film bergenre horor.

Menurut penjelasan ilmiah, kondisi tubuh yang ketakutan dapat memicu produksi hormon adrenalin sehingga dapat menyebabkan sulit tidur. Kesulitan tidur inilah yang akan berujung pada kondisi depresi.

Untuk mengatasi dampak buruk menonton film horor, ada beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain memilih tema horor yang cocok, tutup mata saat melihat adegan yang membuat tidak nyaman, tidak menonton sendiri, dan tidak menonton secara berlebihan hingga larut malam.

Editor : Abdul Kadir

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut