get app
inews
Aa Read Next : Program TJSL BRI Peduli, BRI Cabang Pemalang Beri Bantuan Satu Unit Ambulans ke MWCNU Ampelgading

Asal-usul Pantai Widuri Pemalang, Simbol Kesetiaan Nyi Widuri kepada Suami Hingga Rela Potong Jari

Minggu, 20 November 2022 | 07:31 WIB
header img
Sejarah Pantai Widuri Pemalang, bukti kesetiaan seorang istri kepada suami / Foto : TV Pemalang

Pemalang, iNews.id - Pantai Widuri di Kabupaten Pemalang merupakan salah satu pantai terindah di pesisir utara Jawa Tengah. Pantai yang terletak tak jauh dari pusat kota Pemalang ini memiliki histori atau sejarah sehingga dinamakan Widuri.

Tak banyak yang tahu kalau asal usul nama Pantai Widuri Pemalang berasal dari sebuah simbol kesetiaan seorang istri kepada suami. Mari kita simak sejarah atau asal usul Pantai Widuri di Kabupaten Pemalang Jawa Tengah.

Sekira abad ke 15, wilayah pesisir utara Jawa Tengah tepatnya di wilayah Pemalang, hiduplah sepasang suami istri, yaitu Kaki dan Nyai Pedaringan. Mereka hidup sederhana sebagai seorang petani. Kaki atau Ki Pedaringan usianya lebih tua dibanding istrinya.

Suatu hari, saat dirinya memasak untuk dibawa ke sawah tempat Ki Pedaringan bekerja, Nyi pedaringan kedatangan seorang pemuda tampan ke gubuknya, sedangkan Ki Pedaringan bekerja di sawahnya yang jaraknya sangat jauh. Pemuda itu dalam keadaan berdarah di lengannya. Nyi Pedaringan kaget melihat darah di lengan pemuda tadi. Seperti ada pusaka kerajaan yang menancap.

Tak lama kemudian pemuda tadi mengenalkan dirinya.  Ternyata dia adalah Pangeran Purbaya, punggawa Kerajaaan Mataram yang sedang mengemban tugas menumpas pemberontakan yang dipimpin oleh Salingsingan di Cirebon. Salingsingan ingin menguasai Tanah Jawa dari Mataram, namun Pangeran Purbaya berhasil mengalahkannya.

Editor : Sandi

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut