get app
inews
Aa Read Next : Program TJSL BRI Peduli, BRI Cabang Pemalang Beri Bantuan Satu Unit Ambulans ke MWCNU Ampelgading

Pengolah Ikan Pindang Teri Goleng di Pemalang Ternyata Ada di Tempat Ini, Yuk Simak Lokasinya

Rabu, 22 Februari 2023 | 09:19 WIB
header img
Tempat mengolah ikan pindang teri goleng di Pemalang, salah satunya ada di Kelurahan Beji. Foto: iNews.id/ Santiaji Pangestu

PEMALANG, iNews.id - Salah satu menu makanan lauk pauk yang sudah tak asing lagi di masyarakat Jawa, khusunya Pemalang adalah ikan pindang. Bermacam jenis ikan pindang, sala satunya yakni ikan pindang teri goleng.

Di Pemalang, ada tempat produksi ikan pindang teri goleng, berada di Dukuh Karangtuang RT 03 RW 11, Kelurahan Beji, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang

Dukuh Karangtuang sendiri dikenal sebagai kampungnya ikan pindang teri goleng di Pemalang, karena mayoritas penduduknya berprofesi sebagai pedagang ikan asap, dan ikan pindang.

Setiap harinya, warga Dukuh Karangtuang memproduksi ikan pindang teri goleng yang diolah dengan bara api. Umumnya, para pembuat ikan pindang di kampung ini merupakan generasi turun temurun sejak puluhan tahun silam. 

Disebut ikan pindang teri goleng, karena tempat yang digunakan memindang ikan teri tersebut mengunakan tanah liat yang berbentuk kecil dan bulat.

Mbok Daningsih, salah satu pengolah ikan pindang teri goleng mengatakan, dirinya bersama tiga orang anaknya sudah menjalankan usahanya sejak beberapa tahun silam. 

“Dua orang bagian mencuci ikan teri, memisahkan dan memilih ikan, satu orang bagian memindang,” katanya di dapur olahan ikan pindang miliknya, Selasa (21/2/2023).

Dia mulai mengolah ikan pindang pukul 14.00 WIB siang hingga malam sekira pukul 19.00 WIB, dengan terlebih dulu mencuci ikan teri dan memisahkan ikan lain yang bercampuran sebelumnya.
 
“Untuk pemindangan mulai pukul 14.00 WIB siang sampai pukul 19.00 WIB malam, kadang lebih, tergantung banyak sedikit ikan teri yang dipindang," tuturnya.

Editor : Aryanto

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut