get app
inews
Aa Read Next : Program TJSL BRI Peduli, BRI Cabang Pemalang Beri Bantuan Satu Unit Ambulans ke MWCNU Ampelgading

Menilik Makam Syekh Pandan Jati di Bantarbolang, Malam Jumat Kliwon Banjir Peziarah, Ini Kisahnya

Jum'at, 10 Maret 2023 | 11:31 WIB
header img
Makam Syekh Pandan Jati di Desa Bantarbolang, Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Foto: Istimewa

PEMALANG, iNews.id - Awal berkembangnya Islam sekitat tahun 1500-1586 di tanah Jawa banyak meninggalkan sejarah, salah satunya tentang Syekh Pandan Jati di Bantarbolang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Jejak sejarah perjuangan para Wali menyebarkan Islam di Kabupaten Pemalang sampai sekarang masih dapat dilihat. Banyak tokoh ulama masyhur yang namanya tak lekang dimakan waktu hingga saat ini, seperti Mbah Bantarbolang, Syekh Pandan Jati dan Syekh Palintaran.

Makam dan tempat petilasan ketiga nama tokoh itu berada di Desa Bantarbolang, Kecamatan Bantarbolang, dan sampai saat ini masih ramai dikunjungi banyak peziarah.

Lokasinya yang strategis di dekat jalan raya Randudongkal-Pemalang sangat mudah dijangkau. Bagi peziarah yang datang dengan kendaraan umum, bisa turun di depan Pasar Bantarbolang, karena komplek makam tersebut tepat berada di depannya, sekitar 1 kilometer.

Mbah Bantarbolang oleh masyarakat sekitar diyakini sebagai leluhur, mempunyai dua orang murid, yakni Syekh Pandan Jati dan Syekh Palintaran.

"Makamnya selalu ramai diziarahi, terlebih hari Kamis Wage menjelang Jumat Kliwon," kata Slamet, salah satu pengurus makam Syekh Pandan Jati, Kamis (9/3/2023).

Editor : Aryanto

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut