get app
inews
Aa Read Next : Program TJSL BRI Peduli, BRI Cabang Pemalang Beri Bantuan Satu Unit Ambulans ke MWCNU Ampelgading

Menilik Makam Syekh Pandan Jati di Bantarbolang, Malam Jumat Kliwon Banjir Peziarah, Ini Kisahnya

Jum'at, 10 Maret 2023 | 11:31 WIB
header img
Makam Syekh Pandan Jati di Desa Bantarbolang, Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Foto: Istimewa

Dengan diam-diam, Mbah Bantarbolang meninggalkan Padepokan, dengan maksud untuk memberikan kesempatan kepada kedua muridnya, yaitu Syekh Pandan Jati dan Syekh Palintaran untuk memimpin Padepokan secara bersama-sama.

Namun, kepergian Mbah Bantarbolang membuat mereka merasa kehilangan. Semua muridnya berusaha mencarinya. Syekh Pandan Jati yang memiliki mata batin lebih tajam dari murid yang lain, akhirnya berhasil menemukan keberadaan gurunya. 


Makam Syekh Pandan Jati di Desa Bantarbolang, Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang, ramai oleh peziarah dari luar daerah. Foto: Istimewa
 

Semua murid di Padepokan itu meminta Mbah Bantarbolang untuk kembali, namun beliau tidak mau, dan meminta kepada Syekh Pandan Jati untuk memimpin Padepokannya. Sebagai murid yang berbakti, Syekh Pandan Jati pun melaksanakan titah sang guru untuk memimpin Padepokan tersebut, hingga akhir hayatnya.

Sebagian masyarakat menyebut bahwa di tempat itu  (Makam Syekh Pandan Jati) hanyalah sebuah petilasan, dan sebagian lagi meyakini bahwa itu adalah makam Syekh Pandan Jati.

Editor : Aryanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut