get app
inews
Aa Read Next : Potret Ojek Perahu di Kali Elon Pemalang

Sayur Botok Telembuk Khas Pemalang, Rasa Pedas dan Gurihnya Nendang Banget

Jum'at, 18 Agustus 2023 | 20:33 WIB
header img
Botok telembuk khas Pemalang, rasanya pedas gurih lezat mengundang selera. Foto: Istimewa

PEMALANG, iNewsPemalang.id Sayur botok sudah tak asing lagi di bumi nusantara ini. Makanan jenis ini pun mempunyai khas sendiri di setiap daerah. Salah satunya ialah botok telembuk yang terkenal di Pemalang Jawa Tengah.

Telembuk atau tempe gembos di Pemalang, biasanya dibuat gorengan. Tapi sering juga dijadikan olahan botok yang dicampur dengan ikan teri. Bumbunya yang asin pedas dicampur dengan kelapa parut membuat terasa gurihnya.

Tak jarang olahan botok telembuk ini juga dicampurkan kulit melinjo. Bumbu yang sederhana, namun mampu menggugah selera dan pastinya akan ketagihan setelah mencicipinya. 

Butiran kelapa parut yang mendominasi dalam masakan ini terlihat sangat gurih. Ditambah serpihan potongan cabai yang terselip dalam bumbu, membuat sayur ini pedasnya sangat menantang. 

Telembuk sebagai bahan utama sayur botok ini di Pemalang masih mudah didapat, mulai dari penjual sayur di pasar, sampai warung sayur rumahan. 

Meski banyak makanan modern di era mileneal sekarang ini, sayur botok telembuk bagi masyarakat Jawa, khusunya Pemalang masih menjadi menu favorit. Bahkan menjadi masakan legendaris yang dikangeni bagi kalangan tempo dulu.

Editor : Aryanto

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut