get app
inews
Aa Read Next : Empat Hari Hilang di Perairan Jepara, Tiga Nelayan asal Petarukan Pemalang Berhasil Selamat

Mengenang Sejarah Lahirnya Hari Kartini, Habis Gelap Terbitlah Terang

Minggu, 21 April 2024 | 10:59 WIB
header img
R.A. Kartini, pahlawan kaum perempuan Indonesia. (Foto: Dok.net)

PEMALANG, iNewsPemalang.id - Raden Adjeng Kartini (R.A. Kartini) adalah pahlawan wanita Indonesia yang memperjuangkan hak-hak perempuan agar setara dengan laki-laki, ia lahir di Jepara, Jawa Tengah, pada 21 April 1879. 

Atas jasanya yang telah memperjuangkan hak-hak kaumnya, hingga meraih kesetaraan dengan kaum laki-laki, setiap tanggal 21 April yang merupakan hari lahirnya, diperingati sebagai Hari Kartini

R.A. Kartini telah mengubah nasib kaum perempuan Indonesia yang pada saat itu memiliki status yang rendah, tidak pernah mendapatkan persamaan, kebebasan, dan otonomi serta kesetaraan hukum. Hal itu mendorong hatinya untuk memperjuangkan hak-hak kaum perempuan.

Terlahir dari kalangan bangsawan membuat R.A. Kartini bernasib lebih baik, berkat pemikiran kakeknya yang lebih terbuka saat itu, ia diperbolehkan untuk mengenyam pendidikan di sekolah di ELS (Europese Lagere School), saat usianya 12 tahun. 

Dalam menimba ilmu di sekolah tersebut, R.A. Kartini berhasil menguasai Bahasa Belanda. Kecerdasan yang ada pada dirinya pun semakin terasah. 

Namun sayangnya, keinginannya untuk sekolah tidak bisa lama. Pada usia 15 tahun ia harus terhenti sekolah karena telah dipingit oleh K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat.

Editor : Aryanto

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut