get app
inews
Aa Read Next : 5 Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan Tubuh, Ternyata Bisa Bikin Tulang dan Gigi Kuat

Praktis! Kesehatan Peserta Haji 2022 Bakal Terpantau Lewat Aplikasi TeleJemaah

Kamis, 02 Juni 2022 | 13:00 WIB
header img
Aplikasi TeleJemaah Haji 2022 | source: Kemenkes.go.id

PEMALANG, iNews.id - Kesehatan peserta Ibadah haji 2022 kini bisa terpantau oleh petugas dengan lebih mudah melalui aplikasi TeleJemaah Puskeshaji.

Namun, aplikasi yang dibuat Kementerian Kesehatan RI melalui Pusat Kesehatan Haji tersebut hanya diberlakukan pada jemaah haji berisiko tinggi.

Terkait hal itu, Kepala Pusat Kesehatan Haji Budi Sylvana mengatakan, fitur dalam aplikasi itu terdiri dari input data kesehatan sampai dengan galeri dan artikel.

''Tujuannya sebagai media edukasi secara elektronik yang berbentuk aplikasi berbasis Android saat ini dan aplikasi ini sudah tersedia di Play Store dan bisa di download gratis,'' Kata Budi melalui keterangan tertulisnya, Selasa (31/5/2022).

Lebih lanjut menurut Budi, pada menu aplikasi, terdapat input data kesehatan yang terdiri dari tekanan darah, gula darah, saturasi oksigen, suhu tubuh, sampai keluhan.

“Menu pada aplikasi tersebut bisa dimanfaatkan oleh jemaah haji dan bisa meminta bantuan petugas kesehatan jika diperlukan,” kata Budi.

Selain bisa memantau kesehatan peserta, pada aplikasi itu juga terdapat informasi terkait vaksinasi.

“Ini adalah data vaksinasi yang sudah dilakukan oleh jemaah haji di kabupaten atau kota atau Puskesmas pada saat melakukan vaksinasi terutama meningitis,” jelasnya.

Menurut dia, data tersebut didapat dari data yang diinput dari Sistem Komputerisasi Haji Terpadu Bidang Kesehatan (Siskohatkes). 

Meski demikian, Budi menegaskan, data-data yang sudah ada di Tele Jemaah tidak bisa diubah karena sudah diinput di dalam Siskohatkes.

''Jadi tinggal kita integrasikan data yang ada di Siskohatkes dengan TeleJemaah haji sebagai informasi jemaah haji kita sudah divaksinasi. Jadi lebih transparan sifatnya,'' imbuhnya.

Tak sampai disitu saja, Budi menjelaskan, dalam aplikasi ini juga tercantum obat yang sering dibawa oleh jemaah haji.

“Melalui aplikasi ini juga jemaah haji bisa  menghubungi langsung petugas kesehatan yang menyertai jemaah di dalam suatu kloter,” jelas Budi,

Kemudian, sambung Budi, kami akan memasukkan nomor kontak petugas ke dalam aplikasi Tele Petugas.

“Nama aplikasinya Tele Petugas ini connect dengan TeleJemaah. Aplikasi Tele Petugas berfungsi untuk memantau jemaah haji berisiko tinggi,'' kata Budi.

Editor : Anila Dwi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut