get app
inews
Aa Read Next : Vietnam Juara Piala AFF U-23 2023 Melalui Adu Penalti

Jenazah Eril Ditemukan, KBRI dan Keluarga Persiapkan Kepulangan dari Swiss ke Indonesia

Kamis, 09 Juni 2022 | 20:52 WIB
header img
Putra sulung Emmeril Khan Mumtadz yang hilang di sungai Swiss (foto/ist)

PEMALANG, iNews.id - Setelah hampir dua pekan dari insiden hanyutnya Eril, putra Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil, di Sungai Aare Swiss akhirnya mendapatkan titik terang.

Jasad Eril akhirnya berhasil ditemukan oleh pihak kepolisian Bern, Swiss.

Sebelumnya pihak kepolisian Bern merilis berita berjudul "Orang hilang diselamatkan tak bernyawa dari Aare" pada 9 Juni 2022.

Dalam berita tersebut pihak kepolisian menuliskan bahwa mereka menemukan seorang pria tak bernyawa yang ditemukan dari Sungai Aare di bendungan Engehalde, Brend.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Duta Besar (Dubes) dalam Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Swiss, Mulaiman Hadad dalam siaran pers yang dilakukan bersama adik Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman pada Kamis (9/6/2022) waktu Indonesia.

"Sesuai prosedur yang berlaku tim forensik kepolisian segera melakukan identifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan bahwa jasad yang ditemukan itu benar adalah Eril," Jelas Mulaiman.

Kemudian pada Kamis 9 Juni siang waktu Swiss, pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi bahwa hasil tes DNA jasad yang ditemukan kemarin adalah Eril.

Sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku di Swiss, pihak kepolisian menyampaikan beberapa berkas yang diperlukan ke pengadilan kantor Bern sebagai pihak yang berwenang untuk memutuskan serah terima jasad Eril dari pihak polisi ke pihak keluarga.

Lalu pihak pengadilan telah memberikan kewenangan bagi keluarga yang saat ini di Bern untuk menerima jasad Eril.

Dalam hal ini KBRI Swiss akan melakukan pengawalan jasad Eril hingga sampai di Indonesia.

"Pihak keluarga akan menerima almarhum Eril untuk kemudian disempurnakan hak Eril sebagai seorang muslim," ucap Elpi Nazmuzzaman

Untuk waktu, pihak keluarga belum bisa memastikan kapan jasad Eril akan tiba di Indonesia. Namun berharap dapat sampai di Indonesia setidaknya hari sabtu atau minggu.

"Untuk waktu kami belum bisa memastikan pasti kapan akan sampai ke Indonesia, tapi akan dilakukan secepat-cepatnya tergantung kondisi dan situasi yang mendukung. harapan kami bisa sampai di Indonesia setidaknya sabtu atau hari ahad," jelas adik dari Ridwan Kamil.

Editor : Anila Dwi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut