get app
inews
Aa Read Next : Viral! Seorang Balita di Pemalang Dilaporkan Warga ke Polsek dan Nyaris Hilang, Gegara Ortu Lengah

Viral Mundur Kuliah karena Tak Mampu Bayar UKT, Naffa Zahra Akhirnya Ditemui Rektor USU, Ternyata...

Kamis, 30 Mei 2024 | 02:45 WIB
header img
Rektor USU Prof Muryanto Amin temui mahasiswa baru Naffa Zahra Muthmainnah yang sempat mundur kuliah karena tak mampu bayar UKT. (Foto: MPI/ Ist)

MEDAN, iNewsPemalang.id - Menyikapi berita viral mahasiswa baru Universitas Sumatera Utara (USU) Naffa Zahra Muthmainnah yang lulus di Program Studi Sastra Arab, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) memilih mundur untuk kuliah karena tak mampu membayar uang kuliah tunggal (UKT), Rektor USU Prof Dr Muryanto Amin menegaskan komitmen untuk membantu setiap mahasiswa agar terus bisa berkuliah di kampus tertua di Pulau Sumatra tersebut.

Dikutip dari iNews Sumut, Kamis (30/5/2024), menurut Muryanto, pihaknya senantiasa membuka ruang diskusi dan mencari solusi bila ada mahasiswa kesulitan membayar uang kuliah tunggal (UKT).

Muryanto mengatakan, perbaikan data pendaftaran ulang khusus untuk penentuan UKT telah dilakukan dengan prinsip keadilan. 

"USU berkomitmen serta memastikan tidak akan ada mahasiswa yang gagal kuliah karena ketidakmampuan membayar UKT,” kata Muryanto, Senin (27/5/2024).

Dia juga berharap kepada media agar dapat menyampaikan informasi akurat untuk menghindari kesalahan penafsiran dari masyarakat tentang kebijakan UKT yang berkeadilan.

Terkait informasi mahasiswi USU terancam gagal kuliah karena mendapat UKT penuh, dia menjelaskan bahwa data yang bersangkutan masih bisa disesuaikan sepanjang data yang disampaikan sesuai.

Dia mengatakan, penyesuaian data mahasiswa akan terus dilakukan. Tim verifikasi UKT USU terus bekerja untuk penyesuaian data mahasiswa.

"Bila data-data yang disampaikan benar, tak perlu khawatir tim verifikasi akan melakukan pengecekan dan bila benar tidak mampu UKT-nya akan diubah,” ujarnya.

Sebelumnya, ramai diberitakan mahasiswi baru USU bernama Naffa Zahra Muthmainnah yang lulus di Program Studi Sastra Arab, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) memilih tak melanjutkan kuliah karena tak sanggup membayar UKT penuh sebesar Rp8,5 juta. 

Editor : Aryanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut