get app
inews
Aa Read Next : Pengguna MiChat di Indonesia Terbanyak di Dunia, Jumlahnya Tembus 40 Juta Pengguna

5 Tol di Atas Air Terpanjang di Dunia, Ternyata Salah Satunya Ada di Bali

Jum'at, 11 November 2022 | 18:37 WIB
header img
Tol Bali Mandara, Salah satu tol Terpanjang di dunia

5. Jalan Tol Bali Mandara

Di posisi ke-5, Indonesia turut menyumbangkan namanya dalam kategori jalan tol terpajang di dunia yaitu dengan adanya Jalan Tol Bali Mandara dengan panjang 12,7 KM. Jalan ini merupakan akses yang menghubungkan segitiga emas (triangle connection) Ngurah Rai, Benoa, dan Nusa Dua.

Pembuatan jalan tol ini pun memakan biaya yang tidak sedikit, yaitu sekitar Rp. 2.4 triliun dan dikerjakan oleh 3 kontraktor tanah air yakni Adi Karya, Waskita Karya, dan Hutama Karya selama 14 bulan lamanya.

Nama 'Mandara' sendiri merupakan sebuah singkatan yang terdiri dari maju, aman, damai, dan sejahtera. Selain itu, Tol Bali Mandarai juga memiliki 3 konsep yang diusung dalam penamaannya, yaitu Green, Strong, dan Beauty.

Green yang berarti hijau, ditunjukkan dengan 16.000 pohon mangrove yang tersebar di sepanjang perairan Bali, sehingga menyuguhkan pemandangan hijau yang menyejukkan.

Strong, mengandung arti bahwa material yang digunakan selama proses pembangunan adalah material dengan kualitas yang baik. Sehingga dirancang untuk tahan terhadap air laut dan meminimalisir terjadinya korosif.

Dan terakhir yaitu Beauty, tak lepas dari keindahannya, Bali selalu menghadirkan unsur estetika di setiap jengkal tanahnya. Sehingga pembangunan ini merupakan salah satu karya arsitektur yang diaplikasikan pada tiga pintu tol modern dengan ciri khas Pulau Bali.

Editor : Sandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut